Bareskrim Periksa 16 Orang Saksi Pengirim Dana TPPU Panji Gumilang

Total sudah 21 saksi diperiksa terkait kasus TPPU Panji

Jakarta, IDN Times - Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri telah memeriksa 21 orang saksi terkait kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) Panji Gumilang.

Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan, 16 orang di antaranya merupakan pengirim dana ke Pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun itu.

“Polri telah melaksanakan wawancara kepada 21 saksi dari 40 orang saksi yang diundang, di antaranya 16 orang saksi dari pihak sebagai pengirim dana dan lima orang dari pihak yayasan,” kata Ramadhan dalam jumpa persnya, Senin (14/8/2023).

1. Bareskrim juga memeriksa ahli yayasan hingga ahli TPPU dari PPATK

Bareskrim Periksa 16 Orang Saksi Pengirim Dana TPPU Panji GumilangPanji Gumilang jalani pemeriksaan di Bareskrim Polri pada Selasa (1/8/2023). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Selain itu, Bareskrim juga melaksanakan pendalaman dengan memeriksa ahli yayasan, ahli tindak pidana, dan ahli terkait TPPU dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

“Dan mengirimkan undangan gelar perkara kepada pihak internal dan eksternal Polri,” ujarnya.

Baca Juga: Diperiksa Selama 8 Jam, Panji Gumilang Tidak Bantah soal Dugaan TPPU

2. Bareskrim bakal melakukan gelar perkara pada Rabu ini

Bareskrim Periksa 16 Orang Saksi Pengirim Dana TPPU Panji GumilangPemimpin Pondok Pesantren Al Zaytun, Panji Gumilang saat wawancara khusus dengan IDN Times pada Senin (10/7/2023). (IDN Times/Fauzan)

Ramadhan menjelaskan, pada hari ini Bareskrim juga sedang memeriksa dua pengurus yayasan Al Zaytun. Pemeriksaan dilakukan via daring.

“Adapun rencana tindak lanjut yaitu melaksanakan gelar perkara pada hari Rabu, 16 Agustus 2023,” kata Ramadhan.

3. Bareskrim pastikan kasus TPPU Panji Gumilang naik penyidikan Rabu

Bareskrim Periksa 16 Orang Saksi Pengirim Dana TPPU Panji GumilangPimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun Panji Gumilang (tengah) berjalan saat akan menjalani pemeriksaan di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Selasa (1/8/2023). (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Sebelumnya, Dittipideksus Bareskrim Polri telah melakukan gelar perkara guna menentukan status kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) Panji Gumilang, Rabu (9/8/2023).

Dirtipideksus Bareskrim Polri, Brigjen Whisnu Hermawan, menyebut, gelar perkara berlangsung selama 8 jam dan diwarnai adu argumentasi.

“Dalam proses gelar perkara yang cukup lama tadi, sekitar 8 jam, kami melakukan adu argumentasi dan disimpulkan, dibutuhkan waktu yang cukup untuk bisa membuktikan bahwa perkara tersebut adalah perkara tindak pidana,” kata Whisnu di Bareskrim Polri.

Gelar perkara pun menyimpulkan bahwa dibutuhkan adanya penambahan keterangan saksi dan dokumen yang harus dilengkapi.

“Sehingga gelar perkara memutuskan untuk waktu yang paling dekat Minggu depan akan dilaksanakan gelar perkara lanjutan karena kami masih membutuhkan keterangan saksi,” ujar dia.

Ia pun memastikan, penyidik bakal menaikkan status kasus ke penyidikan pada pekan depan.

“Betul sekali (naik sidik) Rabu depan,” kata Whisnu.

Baca Juga: Bareskrim Bantah Kriminalisasi dan Politisasi Kasus Panji Gumilang

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya