Bareskrim Tetapkan 2 Tersangka Baru Kasus Robot Trading ATG

Bareskrim belum menahan kedua tersangka

Jakarta, IDN Times - Bareskrim Polri kembali menetapkan dua tersangka baru dalam kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) robot trading ATG yang menjerat crazy rich Surabaya Dinar Wahyu Septian Dyfrig alias Wahyu Kenzo.

Kasubdit V Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri Kombes Ma'mun mengatakan kedua tersangka baru itu merupakan crazy rich asal Sumatera Utara berinisial IG dan crazy rich asal Tangerang berinisial LI.

"Tersangka atas nama satu IG dan yang satu lagi LI. Crazy Rich Sumatera Utara itu IG yang Tangerang itu LI," ujarnya di Bareskrim Polri, Rabu (16/8/2023).

Baca Juga: Dirilis Polisi, Ini Sosok Tersangka Kedua Robot Trading ATG

Bareskrim Tetapkan 2 Tersangka Baru Kasus Robot Trading ATGCrazy Rich Tulungagung, Bayue Walker, yang terlibat Robot Trading ATG. (Instagram/@b4yu3walk3r)

Berdasarkan perannya, Ma'mun menyebut kedua crazy rich tersebut merupakan leader atau top tier dalam skema ponzi yang dilakukan oleh robot trading ATG. Sebagai leader, ia menjelaskan kedua tersangka bertugas untuk mencari korban untuk diajak bergabung menjadi member robot trading ATG.

"Mereka anggota awal yang investasi di bawah top leader. Mereka cari member," jelasnya.

Baca Juga: Polisi Beberkan Modus Penipuan Robot Trading ATG Mirip Sistem Ponzi

2. Bareskrim belum menahan kedua tersangka

Bareskrim Tetapkan 2 Tersangka Baru Kasus Robot Trading ATGIlustrasi tersangka (IDN Times/Mardya Shakti)

Meski telah ditetapkan tersangka, Ma'mun mengatakan pihaknya masih belum melakukan penahanan terhadap kedua crazy rich tersebut. Ia beralasan hal itu dilakukan lantaran penyidik membutuhkan kedua pelaku untuk mengumpulkan seluruh aset-aset terkait.

Di sisi lain, Ma'mun mengaku kedua tersangka juga masih bersikap kooperatif dan menghadiri pemeriksaan.

Ma'mun mengatakan sampai saat ini penyidik telah berhasil menyita total aset senilai Rp450 miliar dari para tersangka dalam kasus tersebut.

"Kita masih membutuhkan banyak keterangan dari yang bersangkutan untuk mengumpulkan aset-asetnya yang lain, karena verifikasinya enggak mudah. Termasuk seperti yang tadi saya sampaikan bahwa ternyata asetnya banyak di luar negeri," tuturnya.

3. Total terdapat 5 tersangka kasus robot trading ATG

Bareskrim Tetapkan 2 Tersangka Baru Kasus Robot Trading ATGDirektorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus merilis penahanan tiga tersangka Net89 (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Bareskrim sebelumnya telah menetapkan total tiga orang sebagai tersangka di kasus dugaan TPPU robot trading ATG. Ketiga tersangka itu merupakan founder robot trading ATG Wahyu Kenzo serta Yudi Kurniawan alias Zakaria alias Papa Jack. Selain itu Chandra Bayu alias Bayu Walker yang berperan sebagai pengatur web dan expert advisor robot trading ATG.

Atas perbuatannya itu, Wahyu dan tersangka lainnya dijerat dengan Pasal 378 jo Pasal 372 jo Pasal 105 jo Pasal 106 Undang-Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan. Selain itu mereka juga dikenakan Pasal 3 jo Pasal 4 jo Pasal 5 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang.

Baca Juga: Kasus Robot Trading Net89: Ada 6 Ribu Korban, Kerugian Rp700 Miliar

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya