Comscore Tracker

BPN Bongkar Pembahasan Gatot dengan Prabowo

Gatot memberi saran untuk langkah strategis pasca-pemilu

Jakarta, IDN Times - Mantan Panglima Gatot Nurmantyo menemui capres Prabowo Subianto kemarin, Senin (22/4) sore. Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga menyebut kedatangan Gatot untuk membahas perkembangan pencoblosan.

"Biasa perkembangan pencoblosan beberapa hari yang lalu," ujar koordinator jubir BPN Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjuntak, di Media Center Prabowo-Sandi, Jalan Sriwijaya, Jakarta Selatan, Selasa (23/4).

1. Prabowo dan Gatot bahas langkah strategis

BPN Bongkar Pembahasan Gatot dengan PrabowoANTARA FOTO/Galih Pradipta

Dahnil mengatakan, dalam pertemuan itu Prabowo dan Gatot juga membicarakan langkah strategis yang akan dilakukan pasca-pemungutan suara. Gatot, kata dia, juga memberikan banyak saran dan masukan kepada Prabowo.

"Iya, banyak hal yang dibicarakan apa langkah strategis yang perlu dilakukan oleh Pak Prabowo terkait dengan ada fenomena atau fakta TSMB. Bagi kami, kecurangan hari ini TSMB, terstruktur, sistematik, masif, dan brutal. Jadi, ini brutal sekali dan kita tentu sedang fokus di situ," tutur dia.

"Ya, saya pikir banyak saran yang diberikan Pak Gatot, Pak Dahlan apa yang harus dilakukan dan itu kita dengarkan," imbuh Dahnil.

Baca Juga: Tepis Isu Perpecahan, BPN Beberkan Kronologi Sandiaga Usai Nyoblos

2. Sejumlah pihak menyarankan membentuk tim gabungan pencari fakta kecurangan

BPN Bongkar Pembahasan Gatot dengan PrabowoANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Lebih lanjut, Dahnil mengatakan sejumlah pihak sebelumnya juga telah menyarankan sejumlah langkah. Salah satunya, saran untuk membentuk tim pencari fakta kecurangan.

"Salah satu kan yang sedang disarankan itu membentuk TPF yang sudah disampaikan Haris, teman-teman masyarakat sipil, perlunya dibentuk tim pencari fakta kecurangan. Karena menurut teman-teman Haris Azar dan kawan-kawan juga ini TSMB (Terstruktur, Sistematik, Masif, dan Brutal)," ujar dia.

3. Dahnil sebut Pemilu 2019 terburuk sepanjang reformasi

BPN Bongkar Pembahasan Gatot dengan PrabowoIDN Times/Irfan Fathurohman

Dahnil mengatakan pemilu tahun ini merupakan yang paling buruk sepanjang reformasi. Pelaksanaan Pemilu 2019 harus dievaluasi.

"Dan ini adalah pemilu paling buruk, kecurangannya masif tadi sepanjang reformasi. Dan ini harus menjadi evaluasi massal," tutur Dahnil.

"Yang jelas, ini akan mengurangi legitimasi, baik yang menang kami atau di sana yang menang, yang jelas kami ingin memastikan kualitas demokrasi kita meninggi," sambung dia.

4. Gatot dan Prabowo bertemu di Kertanegara

BPN Bongkar Pembahasan Gatot dengan PrabowoIDN Times/Fitria Madia

Sebelumnya, Gatot menyambangi kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Senin (22/4) sore. Namun, tak ada sepatah kata pun terucap dari Gatot seusai pertemuan tertutup tersebut.

Sandiaga dan Gatot keluar Kertanegara tanpa mau menanggapi pertanyaan wartawan.

Baca Juga: Farhat Abbas Datangi Polda Metro Jaya Terkait Kasus Prabowo

Topic:

  • Elfida

Just For You