Gunung Ibu Halmahera Meletus, Lontarkan Abu Vulkanik Sejauh 2,8 Km

Masyarakat sekitar Gunung Ibu diimbau tidak beraktivitas

Jakarta, IDN Times - Gunung Ibu di barat laut Pulau Halmahera, Provinsi Maluku Utara, meletus dan melontarkan abu vulkanik setinggi lebih kurang 2,8 kilometer dari puncak kawah gunung berapi aktif tersebut.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Ibu Richard Chaniago mengatakan, letusan itu terjadi malam ini pukul 21.27 WIT.

"Tinggi kolom letusan teramati ± 2800 m di atas puncak (± 4125 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat," ujarnya dikutip dari laman magma.esdm.go.id, Selasa (26/3/2024).

Baca Juga: Gempa Magnitudo 3,9 Kembali Guncang Tuban

1. Masyarakat di sekitar Gunung Ibu dilarang beraktivitas

Gunung Ibu Halmahera Meletus, Lontarkan Abu Vulkanik Sejauh 2,8 KmFoto petugas dan masyarakat saat membuka blokade jalan di Kelurahan Bali Satu Kecamatan Dompu (Dok/Istimewa)

Richard menjelaskan, erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 28 mm dan durasi 249 detik.

Oleh karena itu, ia mengimbau masyarakat di sekitar Gunung Ibu agar tidak beraktivitas di dalam radius 2,0 km, dan perluasan sektoral berjarak 3,5 km ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu.

“Jika terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas di luar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker), dan mata (kacamata),” ujarnya.

2. Masyarakat diimbau mengikuti arahan dari pemerintah daerah

Gunung Ibu Halmahera Meletus, Lontarkan Abu Vulkanik Sejauh 2,8 KmTim SAR melakukan pencarian orang hilang di gunung (Dok.IDN Times/istimewa)

Richard juga mengimbau semua pihak agar menjaga kondusivitas suasana di masyarakat, tidak menyebarkan narasi bohong dan tidak terpancing isu-isu yang tidak jelas sumbernya. Serta masyarakat agar selalu mengikuti arahan dari pemerintah daerah.

“Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat agar senantiasa berkoordinasi dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung atau dengan Pos Pengamatan Gunung Ibu di Gam Ici untuk mendapatkan informasi langsung tentang aktivitas Gunung Ibu,” kata dia.

3. Gunung Ibu merupakan gunung api bertipe stratovolcano

Gunung Ibu Halmahera Meletus, Lontarkan Abu Vulkanik Sejauh 2,8 Kmilustrasi temuan gunung berapi di Mars (NASA/USGS Mars globe)

Gunung Ibu merupakan gunung api bertipe stratovolcano yang memiliki ketinggian 1.325 meter di atas permukaan laut, terletak di barat laut Pulau Halmahera, Maluku Utara.

Puncak gunung merupakan kawah vulkanik. Pusat kawah memiliki lebar 1 kilometer dan kedalaman 400 meter, sedangkan bagian luar memiliki lebar 1,2 kilometer.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya