Ini 10 Lokasi Crowd Free Night Jakarta, Ditutup saat Malam Tahun Baru

Crowd free night berlaku 31 Desember pukul 22.00 WIB

Jakarta, IDN Times - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memberlakukan crowd free night di 10 lokasi di Jakarta saat pergantian tahun 2022. Selain itu, Polda Metro akan mendirikan pos-pos pelayangan di titik-titik keramaian, mal hingga gereja.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, 10 lokasi crowd free night adalah kawasan Sudirman- MH Thamrin, Kemang, Bulungan, Barito, Senopati Gunawarman SCBD,Asia Afrika, Kota Tua, Banjir Kanal Timur, Kemayoran, Kelapa Gading, dan Monas.

“Jadi jalan Medan Merdeka Barat, Selatan, Utara dan Timur semuanya kita tutup,” ujar Sambodo di Polda Metro Jaya, Kamis (23/12/2021).

1. Crowd free night berlaku pada pukul 22.00 WIB pada 31 Desember

Ini 10 Lokasi Crowd Free Night Jakarta, Ditutup saat Malam Tahun BaruIlustrasi ganjil-genap Jakarta (IDN Times/Aryodamar)

Sambodo menjelaskan, penutupan kawasan crowd free night itu akan berlangsung pada 31 Desember pukul 22.00 WIB hingga 1 Januari pukul 04.00 WIB. Namun demikian, Polda Metro belum merencanakan untuk menutup tempat wisata.

“1 Desember nanti akan dibicarakan apakah tetap dibuka atau nanti akan ditutup untuk mencegah terjadinya kerumunan di tempat wisata. namun seandainya dibuka maka kami akan melaksnakan ganjil genap di tempat wisata tersebut,” ujar Sambodo.

Baca Juga: Polda Metro Larang Pesta Kembang Api dan Petasan di Malam Tahun Baru

2. Polda Metro mengerahkan 8.000 personel untuk mengamankan Nataru

Ini 10 Lokasi Crowd Free Night Jakarta, Ditutup saat Malam Tahun BaruIlustrasi personel Polri dan TNI (IDN Times/Handoko)

Dalam mengamankan hari raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022, Polda Metro Jaya akan mengerahkan delapan ribu personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri dan Pemerintah Pemprov DKI Jakarta.

Pengamanan akan dimulai pada Jumat (24/12/2021) hingga Minggu (2/01/2022).

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan, mengatakan pengamanan tersebut diputuskan dalam rapat koordinasi lintas sektoral yang diikuti oleh Kodam Jaya dan Pemprov DKI pada hari ini, Selasa (21/12/2021).

“Kekuatan Polda Metro Jaya dan juga Kodam Jaya serta pemerintah daerah DKI berjumlah 8000 personel kemudian nanti kita akan melakukan gelar pasukan untuk pengamanan pada Kamis, 23 Desember 2021,” ujar Zulpan di Polda Metro Jaya.

3. Perayaan malam tahun baru ditiadakan

Ini 10 Lokasi Crowd Free Night Jakarta, Ditutup saat Malam Tahun Baruilustrasi tahun baru (IDN Times/Aditya Pratama)

Zulpan menjelaskan, pengamanan Nataru akan mengedepankan penegakkan protokol kesehatan sesuai dengan level PPKM yang berlaku di Provinsi DKI Jakarta. Polda Metro juga akan melakukan pembatasan di beberapa tempat kegiatan seperti perhotelan, tempat hiburan dan tempat wisata.

“Kemudian untuk pergantian tahun baru atau malam tahun baru itu ditiadakan untuk perayaan pesta pergantian tahun baru kemudian tempat lain akan dibatasi untuk tutupnya jam operasional yaitu sampai dengan pukul 22.00 WIB,” ujar Zulpan.

Baca Juga: Wagub Riza Larang Warga Jakarta Main Petasan saat Nataru

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya