KKB Akui Bakar Pesawat Susi Air: Pilot Jadi Sandera Kami

Susi Pudjiastuti memohon doa

Jakarta, IDN Times - Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) atau Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) mengakui telah membakar pesawat Susi Air jenis Pilatus Porter P-4/ PK-BVY yang dipiloti Kapten Philips.

Pesawat itu dikabarkan hilang kontak dengan tower Bandara Mozes Kilangin Timika, Selasa (7/2/2023) pukul 06.35 WIT, saat mendarat di Bandara Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

“Kami TPNPB KODAP III Ndugama-Derakma sudah membakar satu pesawat jenis Susi Air nomor registrasi PK-BvY di lapangan terbang distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua,” kata Juru Bicara TPNPB-OPM, Sebby Sambom kepada IDN Times.

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Minta Doa soal Insiden Susi Air di Markas KKB Papua

1. KKB sandera pilot pesawat Susi Air

KKB Akui Bakar Pesawat Susi Air: Pilot Jadi Sandera Kamiilustrasi pesawat (Susi Air) (IDN Times/Rehia Sebayang)

Selain membakar pesawat, TPNPB-OPM juga mengklaim telah membawa lari pilot Susi Air. Sebby menyebut, sang pilot dijadikan sandera.

“Dan pilotnya kami TPNPB Kodap III Ndugama-Derakma tahan dan dia menjadi sandera kami,” kata Sebby.

Baca Juga: Kapolda Papua Ungkap Penyebab Susi Air Dibakar KKB di Nduga

2. Ada 5 bayi di dalam pesawat

KKB Akui Bakar Pesawat Susi Air: Pilot Jadi Sandera Kamiilustrasi pesawat Susi Air. (IDN Times/Rehia Sebayang)

Melansir ANTARA, pesawat yang dipiloti Kapten Philips asal Selandia Baru itu berisi lima penumpang, termasuk seorang bayi.

Pesawat jenis Pilatus Porter terbang dari Timika pukul 05.33 WIT dan dijadwalkan tiba ke Bandara Moses Kilangin, Timika pukul 07.40 WIT.

"Dari pengecekan yang dilakukan dari udara, terlihat pesawat terbakar di ujung lapangan terbang Paro," ujar Kapolda Papua, Irjen Mathius Fakhiri.

Fakhiri mengaku belum mengtahui bagaimana nasib pilot dan penumpang. Namun, pendalaman atas insiden ini masih terus dilakukan.

Berikut adalah daftar penumpang di pesawat Susi Air yang dibakar KKB di Nduga, Papua:

Demanus Gwijangge
Minda Gwijangge
Pelenus Gwijangge
Meita Gwijangge
Wetina W.

Baca Juga: Pesawat Susi Air Dibakar KKB, Kemenhub: Pilot-Penumpang Masih Dicari

3. Susi minta doa atas insiden pembakaran pesawatnya

KKB Akui Bakar Pesawat Susi Air: Pilot Jadi Sandera KamiMantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti diperiksa Kejagung dalam kasus impor garam (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Susi Pudjiastuti sebagai pemilik maskapai penerbangan Susi Air, memohon doa dan dukungan untuk keselamatan pilot dan penumpang pesawat itu.

Dia menyampaikan hal tersebut melalui media sosial Twitter miliknya.

"Mohon doakan dan dukungannya. Dengan segala kerendahan hati dan atas nama kemanusiaan, Kami mohon keselamatan pilot & penumpang PK BVY," tulis Susi di akun Twitter resminya, @susipudjiastuti, Selasa.

Baca Juga: Pesawat Susi Air Hilang Kontak di Nduga Papua, Tempat Markas KKB 

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya