Kubu Ganjar-Mahfud Minta MK Hadirkan Menkeu dan Mensos di Sidang

Permintaan yang sama dilayangkan kubu Anies-Muhaimin

Jakarta, IDN Times - Kubu calon presiden dan wakil presiden nomor urut 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, meminta Mahkamah Konstitusi (MK) untuk menghadirkan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini dalam sidang sengketa pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Ketua Tim Hukum Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Todung Mulya Lubis meminta hal tersebut sama seperti kubu capres-cawapres nomor urut 01, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, yang meminta Sri Mulyani, Risma, Menteri Perdagangan Zulkilfi Hasan, dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dihadirkan dalam sidang.

“Kami banyak sekali mengajukan hal-hal yang berkaitan dengan bansos, kebijakan fiskal dan lain-lain, kami juga ingin ajukan permohonan yang sama,” kata Todung dalam sidang sengketa Pilpres 2024 di MK, Kamis (28/3/2024).

“Tapi karena sudah diajukan pemohon 1, kami mendukung apa yang disampaikan pemohon 1, demikian juga dengan usulan pemohon 1 untuk Mensos. Paling tidak dua Kementrian ini yang kami anggap sangat penting, sangat vital, kami mohon majelis hakim mengabulkan,” imbuhnya.

Mendengar permohonan tersebut, pengacara kubu Prabowo-Gibran, Otto Hasibuan menyanggah dan meminta majelis hakim untuk mempertimbangkan lebih jauh.

“Kami hanya mohon dipertimbangkan, mengingat ini bukan perkara pengajuan norma tapi satu sengketa, di mana menurut kami berlaku asas barang siapa membuktikan haknya dia yang membuktikan kepada termohon, mungkin sebaiknya itu tidak diperlukan. Perlu juga dipertimbangkan relevansi kehadiran para menteri tersebut untuk perkara ini,” imbuhnya.

Baca Juga: Otto Hasibuan Minta MK Tolak Gugatan Anies Baswedan

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya