Laporan Pansus Pemindahan Ibu Kota Akan Dibacakan di Paripurna DPR RI

Faktor Keamanan dinilai masih perlu kajian yang mendalam

Jakarta, IDN Times - DPR RI akan menggelar rapat paripurna terakhir anggota DPR periode 2014-2019, Senin (30/9). Berdasarkan agenda resmi, rapat paripurna digelar pukul 10.00 WIB di Gedung Nusantara II DPR, Senayan, Jakarta.

Sidang Paripurna hari ini mengagendakan laporan pimpinan Panitia Khusus (Pansus) DPR terkait hasil kajian pemerintah atas pemindahan Ibu Kota Negara.

Perkembangan rapat Pansus terakhir, Wakil Ketua Pansus Pemindahan Ibu Kota Negara Ahmad Bakri mengatakan, pemerintah perlu melakukan kajian mendalam terkait keamanan di lokasi ibu kota negara Kalimantan Timur.

Sebab, wilayah Kalimantan Timur berdekatan dengan Malaysia, Brunei Darussalam dan negara lain di sekitarnya. Oleh karena itu, jaminan keamanan harus dipastikan.

“Ini harus jadi perhatian pada pemerintah, jangan sampai kita pindah ibu kota tapi keamanan enggak aman karena pusat pemerintahan di situ. Kalau bermasalah nanti bisa chaos Republik ini,” kata Bakri usai rapat kerja Pansus Pemindahan Ibu Kota di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (26/9).

Usai rapat pansus berakhir, selanjutnya pimpinan DPR akan menyampaikan pidato penutupan masa persidangan dan penutupan masa bakti keanggotaan DPR periode 2014-2019.

Anggota DPR periode 2019-2024 akan dilantik pada Selasa (1/10). Mereka sebelumnya telah mengikuti pembekalan Empat Pilar oleh MPR.

Baca Juga: DPR Sidang Paripurna Terakhir Hari Ini, Akan Sahkan RUU Perkoperasian 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya