Comscore Tracker

Presiden Jokowi Tunjuk Kabaintelkam Komjen Paulus Jadi Deputi BNPP

Komjen Paulus resmi berhenti dari kepolisian

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo menunjuk Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri, Komjen Pol Paulus Waterpauw, menjadi Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kabid Humas Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan, Paulus akan menggantikan Boytenjuri.

“Putra asli Papua itu resmi ditunjuk oleh Presiden untuk menduduki jabatan baru sebagai Deputi BNPP Depdagri, yang tertuang dalam surat keputusan Presiden Indonesia Nomor 147/TPA Tahun 2021 tentang pemberhentian dan pengangkatan pimpinan tinggi madya di lingkungan BNPP,” ujar Argo dalam keterangan tertulisnya, Jumat (22/10/2021).

Baca Juga: Kapolda Paulus Waterpauw, dari Papua Kembali ke Papua

1. Komjen Paulus telah menyerahkan jabatan Kabaintelkam sebelum dilantik

Presiden Jokowi Tunjuk Kabaintelkam Komjen Paulus Jadi Deputi BNPPKapolda Papua Irjen Polisi Paulus Waterpauw saat ditemui awak media (ANTARA/Evarianus Supar)

Argo menjelaskan, sebelum dilantik pada Kamis (21/10/2021), Komjen Paulus sudah pamit dan menyerahkan jabatannya sebagai Kabaintelkam kepada Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Kapolri Nomor 849 Tahun 2015, tentang Status Jabatan di institusi Polri.

“Nah, Kabaintelkam yang telah menyerahkan tugasnya ke Kapolri, maka secara otomatis tugas dan tanggung jawabnya dilaksanakan oleh Wakabaintelkam," kata Argo.

2. Paulus pensiun dari Polri pada 1 November 2021

Presiden Jokowi Tunjuk Kabaintelkam Komjen Paulus Jadi Deputi BNPPKapolda Papua, Irjen Pol. Paulus Waterpauw (Dok. ANTARA News)

Komjen Paulus Waterpauw merupakan jebolan Akpol 1987. Seiring 38 tahun pengabdiannya di kepolisian, Paulus akan memasuki pensiun pada 1 November 2021.

Menurut Argo, Mabes Polri, dalam hal ini Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti), masih memproses siapa yang akan menggantikan posisi Komjen Paulus secara definitif.

“Siapa penggantinya masih menunggu proses di Wanjakti," ujar dia.

3. Komjen Paulus pernah mengemban tugas sejumlah jabatan

Presiden Jokowi Tunjuk Kabaintelkam Komjen Paulus Jadi Deputi BNPPKapolda Papua Irjen Polisi Paulus Waterpauw bersama Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab dan Kabinda Papua Brigjen TNI Abdul Haris Napoleon mengangkat beberapa pucuk senjata api yang diamankan saat penegakan hukum terhadap KKB di wilayah Mimika. (ANTARA/Evarianus Supar)

Komjen Paulus Waterpauw adalah putra asli Papua yang lahir di Fakfak, Papua Barat, 25 Oktober 1963. Dia adalah seorang perwira tinggi Polri yang sudah mengemban sebagai Kapolda Papua sejak 2019.

Paulus adalah lulusan Akademi Polisi 1987 dan punya pengalaman di bidang intelijen. Dia juga pernah mengemban tugas sebagai Wakil Kepala Kepolisian Daerah Papua sejak 2011 hingga 2014, Kepala Kepolisian Daerah Papua Barat yang pertama pada 2014 hingga 2015.

Kemudian, Wakil Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri selama 2017 dan Kepala Kepolisian Daerah Sumatra Utara pada 2017 hingga 2018.

Sebelumnya, Paulus baru saja dilantik sebagai Kabaintelkam Polri pada 24 Februari 2021. Dia resmi menyandang bintang tiga dengan pangkat Komisaris Jenderal.

Upacara sertijab ini sesuai dengan Surat Telegram Rahasi (STR) bernomor ST/318/III/KEP./2021, yang ditandatangani As SDM Polri Irjen Sutrisno Yudi Hermawan tanggal 18 Februari 2021 atas nama Kapolri.

Baca Juga: Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw Resmi Jadi Kabaintelkam

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya