Sidang Irwan Hermawan Berlanjut ke Pembuktian Setelah Eksepsi Ditolak

Hakim menilai perkara Irwan telah melalui proses panjang

Jakarta, IDN Times - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (PN Tipikor) Jakarta Pusat menolak nota keberatan atau eksepsi Komisaris PT Solitech Media Sinergy, Irwan Hermawan.

Irwan merupakan terdakwa kasus dugaan korupsi proyek penyediaan menara base transceiver station (BTS) 4G Kominfo.

"Mengadili, menyatakan eksepsi tim penasihat hukum terdakwa Irwan Hermawan dinyatakan tidak dapat diterima untuk seluruhnya," ujar Ketua Majelis Hakim Dennie Arsan Fatrika dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (26/7/2023).

1. PN Tipikor berwenang mengadili perkara yang menjerat Komisaris PT Solitech Media Sinergy

Sidang Irwan Hermawan Berlanjut ke Pembuktian Setelah Eksepsi DitolakSidang 3 Terdakwa Korupsi BTS BAKTI Kominfo di PN Tipikor Jakarta Pusat (IDN Times/Aryodamar)

Dalam pertimbangannya, majelis hakim menyatakan, Pengadilan Tipikor Jakarta berwenang memeriksa dan mengadili perkara yang menjerat Komisaris PT Solitech Media Sinergy tersebut.

Anggota Majelis Hakim Rianto Adam Pontoh menyampaikan, keberatan kubu Irwan Hermawan yang berpandangan bahwa perkara yang menjerat kliennya prematur lantaran perkara itu dinilai sebagai perkara perdata tidak tepat.

Baca Juga: Hakim Tolak Eksepsi Galumbang Menak, Sidang BTS Lanjut Pembuktian

2. Majelis tidak mempertimbangkan keberatan tim penasihat hukum Irwan Hermawan

Sidang Irwan Hermawan Berlanjut ke Pembuktian Setelah Eksepsi DitolakSidang 3 Terdakwa Korupsi BTS BAKTI Kominfo di PN Tipikor Jakarta Pusat (IDN Times/Aryodamar)

Menurut Majelis, perkara yang diajukan JPU ke Pengadilan Tipikor telah melalui proses panjang. Oleh sebab itu, seharusnya tim penasihat hukum Irwan Hermawan mengajukan upaya hukum lain sebelum perkara ini diadili di PN Tipikor Jakarta.

Majelis juga tidak mempertimbangkan keberatan tim penasihat hukum Irwan Hermawan yang berpandangan bahwa belum ada perhitungan kerugian negara ketika perkara yang menjerat kliennya tengah diusut.

“Majelis hakim tidak sependapat, tidak ada ketentuan hasil audit kerugian negara harus ada sebelum penetapan tersangka,” ujar Hakim Adam Pontoh.

3. Hakim memerintahkan JPU melanjutkan perkara Irwan Hermawan

Sidang Irwan Hermawan Berlanjut ke Pembuktian Setelah Eksepsi Ditolakilustrasi tower BTS BAKTI Kominfo (IDN Times/Anata)

Dengan pertimbangan tersebut, Majelis Hakim berpandangan, surat dakwaan JPU sudah sesuai dengan aturan yang berlaku sebagaimana syarat formil dan materiil.

"Dengan tidak diterimanya eksepsi tersebut, majelis hakim memerintahkan JPU untuk melanjutkan pemeriksaan perkara Irwan Hermawan tersebut," kata dia.

Baca Juga: Bertemu Jaksa Agung, Menkominfo: Pembangunan BTS 4G Harus Jalan Terus

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya