Soal Rencana Wiranto Bentuk Tim Hukum, Sandiaga: Cara Zaman Old

Sandiaga menyarankan pemerintah fokus pada persoalan harga

Jakarta, IDN Times - Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno, menyebut tim hukum nasional yang akan dibentuk oleh Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto sebagai tim yang tidak efektif.

Rencananya tim itu untuk merespons tindakan, ucapan, maupun pemikiran tokoh yang mengarah ke perbuatan melawan hukum, pihak yang mencerca dan memaki Presiden Jokowi.

"Saya gak mau suudzon takutnya nanti kita membuat kerjaan yang sangat tidak perlu, kaya kurang kerjaan saja," kata Sandi usai menggelar buka puasa bersama di kediaman ibunya, Mien Uno, di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (6/5).

Baca Juga: Wiranto: Tuduhan Pemerintah-Penyelenggara Pemilu Ada Konspirasi Ngawur

1. Sandiaga sebut pembentukan tim hanya akan menghabiskan anggaran negara

Soal Rencana Wiranto Bentuk Tim Hukum, Sandiaga: Cara Zaman OldIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Menurut Sandiaga, tim itu tak perlu dibentuk. Sebab, tim ini berpotensi hanya menghambur-hamburkan uang negara.

"Padahal sudah ada netizen yang budiman, kalau tokoh-tokoh itu ada omongan kan langsung dinilai sama netizen yang budiman," kata Sandiaga.

"Kalau ada badan lagi nanti menurut saya akan ada tambahan lagi untuk anggaran. negara sudah banyak pengeluaran dan menurut saya bukan prioritas,” sambungnya.

2. Sandiaga menilai tim hukum yang akan dibentuk seperti cara zaman old

Soal Rencana Wiranto Bentuk Tim Hukum, Sandiaga: Cara Zaman OldIDN Times/Irfan Fathurohman

Sandiaga juga menyebut ide untuk membentuk tim yang dikatakan Wiranto itu sebagai ide yang sangat usang. Tak segan-segan mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu menyebutnya sebagai sesuatu dari zaman lama atau zaman old.

Dia juga menilai, tim tersebut sengaja dibentuk untuk membungkam tokoh-tokoh lama yang memang senang mengungkapkan ketidaksetujuannya pada pemerintah.

"Saya tegas saja, itu menurut saya cara-cara usang zaman old untuk membungkam para tokoh, gak apa-apa biar para tokoh bicara, kalau tokoh bicara kan ada Undang-Undang ITE, ada undang-undang yang berlaku di masyarakat," katanya.

3. Tim tersebut nantinya berisi pakar hukum tata negara dan akademisi perguran tinggi

Soal Rencana Wiranto Bentuk Tim Hukum, Sandiaga: Cara Zaman OldIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Menurut Wiranto, tim hukum nasional tersebut nantinya akan berisi para pakar hukum tata negara dan akademisi dari perguruan tinggi. Wiranto mengaku telah mengundang dan mengajak mereka bicara terkait pembentukan tim tersebut.

Wiranto berjanji akan memastikan pemerintah mengimplementasikan aturan-aturan dan sanksi tersebut secara adil. Ia berkata, tak ada perlakuan khusus bagi tokoh manapun yang melanggar aturan hukum.

4. Sandiaga saran sebaiknya pemerintah fokus persoalan harga

Soal Rencana Wiranto Bentuk Tim Hukum, Sandiaga: Cara Zaman OldIDN Times/Irfan fathurohman

Sandiaga pun meminta sebaiknya pemerintah fokus pada sejumlah persoalan yang dihadapi masyarakat.

"Harga bahan pokok, sekarang harga bahan pokok bawang putih nembus Rp100 ribu, terus daging di Bandung Rp150 ribu. Itu yang jelas menjadi prioritas," ujar Sandiaga.

Baca Juga: Wiranto Minta Pemecah Belah Persatuan Hentikan Kegiatan Selama Ramadan

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya