Universitas Pancasila Minta Edie Toet Hendratno Kooperatif

Edie sebelumnya tidak datangi panggilan polisi

Jakarta, IDN Times - Yayasan Pendidikan dan Pembina Universitas Pancasila (YPPUP) meminta Rektor nonaktif, Edie Toet Hendratno untuk kooperatif dalam kasus dugaan pelecehan seksual yang diusut polisi kini.

Hal itu disampaikan ketika YPPUP bertemu Edie saat membahas terkait kasus tersebut.

"Yayasan meminta Pak Rektor kooperatif ikuti proses di kepolisian. Jadi pihak yayasan mendukung proses di kepolisian," kata Sekretaris YPPUP, Yoga Satrio, Selasa (27/2/2024).

Yoga menjamin YPPUP tidak akan mengintervensi proses hukum yang tengah berjalan namun tetap mengedepankan asas praduga tak bersalah.

"Jadi ikuti saja prosesnya, jadi kita jamin proses itu tetap berlangsung tanpa ada intervensi dari pihak manapun juga, kita percaya polisi itu profesional tapi juga harus menggunakan asas praduga tak bersalah kan ini baru dugaan belum tentu benar," ungkapnya.

Di sisi lain, Yoga mengatakan pihaknya juga bersedia akan memberikan sejumlah bukti jika memang dibutuhkan oleh pihak kepolisian.

"Silakan saja (jika polisi meminta barang bukti)" singkatnya.

Sebelumnya, Edie Toet Hendratno tak menghadiri panggilan polisi dalam agenda pemeriksaan kasus pelecehan seksual yang dilaporkan terhadapnya.

Kuasa hukum Edie, Raden Nanda Setiawan mengklaim bahwa kliennya batal hadir lantaran telah ada memiliki agenda lain sebelum adanya surat pemeriksaan dari Polda Metro Jaya.

"Pada hari ini klien kami Prof ETH sedang berhalangan hadir dalam pemeriksaan di Subdit Renakta Polda Metro Jaya karena sudah ada jadwal sebelum surat undangan dari polda diterima," ucap Nanda dalam keteranganya, Senin (26/2/2024).

Alhasil Edie pun kata Nanda telah meminta jadwal pemeriksaan ulang kepada penyidik terkait kasus dugaan pelecehan seksual tersebut.

"Tim kami juga telah melakukan penyerahan surat permohonan penundaan pemeriksaan klien kami Prof ETH," ujarnya.

Baca Juga: Rektor Universitas Pancasila Ajukan Penundaan Pemeriksaan Polisi

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya