Selain Maaher At-Thuwailibi, Ini 10 Ustaz yang Viral di Media Sosial

Viral karena ceramah, belum tentu menuai berkah

Jakarta, IDN Times - Menjadi pendakwah tentunya harus memiliki kepribadian yang baik untuk menjadi teladan masyarakat. Bagai pisau bermata dua, isi dakwah bisa berbuah manis, namun juga bisa jadi bumerang bagi dirinya.

Tak heran, beberapa ustaz sering viral di media sosial akibat isi ceramahnya. Tidak hanya viral karena konten yang berdampak positif, kadang mereka viral karena ceramahnya yang kontroversial.

Berikut IDN Times rangkum 10 ustaz Indonesia yang viral di media sosial.

1. Ustaz Maaher

Selain Maaher At-Thuwailibi, Ini 10 Ustaz yang Viral di Media Sosialinstagram.com/ustadzmaaheratthuwailibi

Baru-baru ini, nama Ustaz Ustaz Maaher At-Thuwailibi menjadi perbincangan di tengah masyarakat pasca-kematiannya di Rutan Mabes Polri pada Senin (8/2/2021). Maaher tutup usia setelah sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Polri Kramatjati, Jakarta Timur pada akhir Januari 2021 karena sakit.

Pemilik nama asli Soni Eranata itu dikenal aktif menyampaikan dakwah menggunakan media sosial, misalnya melalui akun Twitter, YouTube, hingga Instagram. Namun, pada 2020, ia memutuskan untuk pindah berdakwah ke aplikasi Tiktok.

Ustaz Maaher dikenal dengan dakwahnya yang frontal dan keras sehingga menjadikannya sebagai sosok yang kontroversial.

Meski begitu, suara merdunya saat membaca Al-Quran disebut-sebut mirip dengan Syekh Maher Al-Muaiqly.

Baca Juga: Jokowi dan Ustaz Abdul Somad Tokoh Pria Paling Dikagumi di Indonesia

2. Ustaz Derry Sulaiman

Selain Maaher At-Thuwailibi, Ini 10 Ustaz yang Viral di Media Sosialinstagram.com/derrysulaiman

Pria bernama asli Deri Guswan Pramona ini lahir di Saniangbaka, Sumatra Barat, pada 1 Agustus 1978. Sebelum menjadi seorang pendakwah, Derry merupakan anggota band beraliran musik keras.

Ia pernah menjadi gitaris Betrayer hingga 1998 dan selanjutnya membentuk band metal Born by Mistake.

Pada tahun 2000, pelantun lagu ‘Dunia Sementara Akhirat Selamanya’ (2015) itu memutuskan untuk hijrah. Semenjak saat itu, Derry Sulaiman pun memperdalam ilmu agamanya ke berbagai negara seperti India, Pakistan, hingga Bangladesh.

Sepulangnya dari sana, Ustaz Derry mulai aktif berdakwah di lingkungannya di Bali, bahkan ke beberapa kota besar di tanah air. Tidak hanyak berdakwah di masjid atau di pengajian, Ustaz Derry juga kerap berdakwah di diskotik dan klub malam di Bali.

Karena cerita masa lalunya inilah, Ustaz Derry sempat viral di media sosial.

3. Ustaz Abdul Somad

Selain Maaher At-Thuwailibi, Ini 10 Ustaz yang Viral di Media SosialUstaz Abdul Somad. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Ustaz Abdul Somad (UAS) alias UAS menjadi salah satu ulama yang paling dikenal di tanah air. Ceramah dan dakwahnya menjadi teladan bagi banyak umat muslim di Indonesia maupun sejumlah negara tetangga.

Tak heran, YouTube UAS yang diisi dengan ceramah-ceramahnya memiliki 1,78 juta subscriber.

UAS juga sempat terlibat dalam dunia politik ketika dirinya menyatakan mendukung Prabowo Subianto menjadi presiden pada Pilpres 2019. Saat itu, UAS mengaku bermimpi bahwa Prabowo bersama Sandiaga Uno akan memenangkan Pilres.

Baca Juga: [CEK FAKTA] Ustaz Maaher Disebut Meninggal Akibat Disuntik Vaksin

4. Ustaz Riza Muhammad

Selain Maaher At-Thuwailibi, Ini 10 Ustaz yang Viral di Media SosialUstaz Riza Muhammad (Instagram.com/ustdzrizamuhammad)

Sosok Riza Muhammad mengawali kariernya di dunia peran sebelum menjadi pendakwah. Sosoknya terkenal sejak menjadi finalis Indonesia Star Metro TV pada 2004 dan finalis DAI TPI 2005.

Pada 2008, ia mengikuti audisi menjadi bintang di film Ketika Cinta Bertasbih, dan karier perfilmannya juga cerah saat memerankan film ‘Pesantren Rock n Roll’ pada 2014.

Setelah kenyang mendalami dunia peran, dirinya sempat kembali ke dunia bisnis menjadi Public Relation pada divisi haji dan Umroh di Bank Syari’ah Mandiri. Di sinilah jalan hidup Riza berubah menjadi seorang pendakwah.

Saat itu, ia diminta untuk mengundang Ustaz Jefri Al- Bukhori. Ia pun bertemu pihak manajemen Ustaz Solmed. Namun secara tak terduga, Riza mendapat tawaran untuk menjadi seorang pendakwah.

Sejak 2012 ia pun sering mengisi layar kaca menjadi seorang pendakwah.

5. Ustaz Ebit Lew

Selain Maaher At-Thuwailibi, Ini 10 Ustaz yang Viral di Media SosialUstaz Ebit Lew (Instagram.com/ebitlew)

Ustaz Ebit Law atau pemilik nama asli Ebit Irawan adalah seorang pengusaha dan pendakwah. Pria kelahiran Malaysia 1984 itu dikenal dengan pendekatan dakwahnya yang menyantuni masyarakat miskin, golongan terpinggir, remaja, dan golongan LGBTQ.

Ustaz Ebit Law memiliki darah Tionghoa, ia juga dikenal dengan seminar motivasi kekeluargaan miliknya, Keluarga Sunnah dan pemilik waralaba pasar swalayan Elewsmart.

Ustaz Ebit Lew pernah viral karena berkat dakwahnya di Facebook, membuat satu keluarga berdarah Tionghoa di Malaysia berhijrah ke Islam.

Satu keluarga itu merupakan pedagang buah di Medan Gopeng, Ipoh, Malaysia. Tujuh anggota keluarga semuanya mengucapkan syahadat.

Keluarga tersebut memutuskan masuk Islam karena kagum setelah menyaksikan video dakwah Ustaz Ebit di Facebook setiap hari.

6. Ustaz Yahya Waloni

Selain Maaher At-Thuwailibi, Ini 10 Ustaz yang Viral di Media SosialUstaz Yahya Waloni (Instagram.com/yahyawaloni2020)

Ustaz Yahya Waloni juga merupakan seorang ustaz yang cukup dikenal kontroversial di mata publik. Yahya Yopie Waloni lahir di kota Manado pada 30 November 1970.

Ia lahir dari keluarga berdarah Minahasa yang taat pada agama Kristen. Dalam beberapa ceramahnya, ia mengklaim pernah menjadi pendeta dan pernah menjabat sebagai Rektor UKI Papua.

Selepas menjadi pendeta, ia pun memutuskan mualaf dengan memeluk agama Islam pada Rabu, 11 Oktober 2006, melalui tuntunan sekretaris Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Toli-toli.

Yahya pun menulis buku berjudul “Islam Meruntuhkan Iman Sang Pendeta” sebagai autobiografinya yang merekam perjalanan hidupnya hingga memeluk Islam.

Teranyar, Ustaz Yahya Waloni sempat viral di media sosial setelah pengakuannya dengan sengaja menabrak seekor anjing. Ia menabrak seekor anjing hingga kakinya pincang.

Ia mengaku alasannya menabrak anjing lantaran binatang tersebut memiliki najis. Akibat pernyataannya, warganet ramai mengecam tindakan Ustaz Yahya Waloni.

7. Ustaz Yusuf Mansur

Selain Maaher At-Thuwailibi, Ini 10 Ustaz yang Viral di Media SosialUstaz Yusuf Mansur (Instagram.com/yusufmansurnew)

Ustaz Yusuf Mansur memiliki cerita kelam dalam perjalanan hidupnya. Di usia 20 tahunnya, ia sempat mendekam di penjara karena masalah utang akibat dari bisnisnya yang gagal.

Setelah menjalani masa suram itu, pria pemilik nama asli Jam'an Nurkhatib Mansur ini melanjutkan kehidupannya dengan mencoba beberapa peruntungan di dunia bisnis dari mulai pedagang es hingga mendirikan Pondok Pesantren Darul Quran.

Kariernya di dunia dakwah dan bisnisnya beriringan sukses membawanya menjadi seorang Ustaz yang banyak penggemarnya.

Nama Yusuf Mansur akhir-akhir ini ikut menjadi perbincangan warganet pasca anaknya, Wirda Mansur mendadak jadi trending di mesing pencari Google pada Rabu (20/1/2021).

Anak Ustaz Yusuf Mansur dijodohkan dengan anak Syekh Ali Jaber, Hasan. Selentingan tentang perjodohan ini terjadi di sebuah program TV. Di sana, Ustaz Yusuf Mansur tertarik menjodohkan putrinya itu dengan anak Syekh Ali Jaber, Al Hasan Ali Jaber.

Baca Juga: Profil Syekh Ali Jaber, Usia 13 Tahun Jadi Imam Masjid di Madinah

8. Syekh Ali Jaber

Selain Maaher At-Thuwailibi, Ini 10 Ustaz yang Viral di Media SosialSyekh Ali Jaber (Instagram.com/yayasan.syekhalijaber)

Almarhum Syekh Ali Jaber menjadi salah satu pendakwah yang disukai banyak masyarakat. Dilansir dari artikel 'Mengenal Syekh Ali Jaber Lebih Dekat' sebagaimana diunggah syekhalijaber.com, sejak usia 13 tahun dia sudah menjadi imam di sejumlah masjid Madinah.

Anak pertama dari 12 bersaudara itu telah menjadi penghafal Alquran sejak muda. Ayahnya dikenal sangat keras dalam mendidik agama anak-anaknya.

Ayahnya ingin agar perjuangannya menyiarkan Islam diteruskan oleh Syekh Ali Jaber sebagai anak pertama. Di antara guru-guru agamanya adalah Ketua Majelis Tahfidz Masjid Nabawi Syekh Muhammad Ramadhan, Ketua Pengurus Makam Rasulullah Syekh Said Adam, dan Ulama Pakar Alquran di Madinah, Syekh Abdurrahman Kholil.

Syekh Ali Jaber dikabarkan meninggal dunia pada Kamis (14/1/2021) pukul 08.30 WIB. Sebelum meninggal, Syekh Aki Jaber sempat dirawat intensif akibat COVID-19.

9. Ustaz Tengku Zulkarnain

Selain Maaher At-Thuwailibi, Ini 10 Ustaz yang Viral di Media SosialUstaz Tengku Zulkarnain (Twitter.com/ustadtengkuzul)

Tengku Zulkarnain adalah seorang pendakwah, yang sekarang menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jendral Dewan (Wasekjen) Pimpinan Majeli Ulama Indonesia (MUI).

Pria kelahiran Medan itu merupakan salah satu pendakwah yang aktif bersuara dan memberikan komentar terhadap beberapa masalah dan isu yang sedang hangat diperbincangkan di tengah masyarakat.

Mulai dari masalah kerukunan umat beragama di Indonesia, masalah sensor film, prostitusi online, pemblokiran situs-situs Islam radikal, hingga soal vaksin COVID-19.

Teranyar, ia diperiksa Mabes Polri karena perang cuit dengan Abu Janda terkait ‘Islam Agama Arogan’.

Perang cuitan itu bermula ketika Tengku lewat akun Twitter @ustadztengkuzul, membahas arogansi minoritas terhadap mayoritas di Afrika. Cuitan Tengku menyebut tidak boleh ada arogansi, baik dari golongan mayoritas ke minoritas maupun sebaliknya.

"Dulu minoritas arogan terhadap mayoritas di Afrika Selatan selama ratusan tahun, apertheid. Akhirnya tumbang juga. Di mana-mana negara normal tidak boleh mayoritas arogan terhadap minoritas. Apalagi jika yang arogan minoritas. Ngeri melihat betapa kini Ulama dan Islam dihina di NKRI," kata Tengku Zulkarnain.

Menanggapi hal itu, Abu Janda membalas cuitan Tengku Zulkarnain. Dia menyebut ada Islam yang arogan karena mengharamkan kearifan lokal di Indonesia.

"Yang arogan di Indonesia itu adalah Islam sebagai agama pendatang dari Arab kepada budaya asli kearifan lokal. Haram-haramkan ritual sedekah laut, sampai kebaya diharamkan dengan alasan aurat," tutur Abu Janda lewat akun @permadiaktivis1.

10. Felix Siaw

Selain Maaher At-Thuwailibi, Ini 10 Ustaz yang Viral di Media SosialFelix Siauw (Instagram.com/felixsiauw)

Felix dikenal oleh masyarakat sebagai mualaf dan menjadi penceramah yang populer di media sosial. Felix Yanwar Siauw atau yang lebih dikenal dengan panggilan Ustaz Felix Siauw merupakan seorang pendakwah beretnis Tionghoa-Indonesia yang memulai karirnya setelah ia memeluk agama Islam.

Pria kelahiran Palembang, 31 Januari 1984 ini tumbuh besar di keluarga Katolik. Lahir dan besar di Palembang, tetangga di lingkungan sekitarnya pun 95 persen merupakan nonmuslim.

Pada tahun 2002 atau saat ia berusia 18 tahun, Felix memutuskan untuk memeluk agama Islam dan menjadi mualaf. Walaupun orangtuanya tidak memeluk agama Islam, keduanya mendukung keputusan Felix.

Bukan hanya menyiarkan dakwahnya secara tatap muka dengan publik, dia juga sering menyebarkan dakwahnya lewat media sosial untuk jutaan pengikutnya. Saat ini ia telah memiliki lebih dari 4,8 juta pengikut di Instagram dan lebih dari 3,3 juta pengikut di Twitter.

Tidak hanya itu, ia juga sering membagikan video dakwah dan vlog lewat kanal YouTube-nya yang saat ini memiliki lebih dari 904 ribu subscriber.

Itulah beberapa nama Ustaz Indonesia yang pernah viral di media sosial. Konten apa yang kamu ingat?

Baca Juga: Pakar Hukum: Cuitan Novel Baswedan soal Ustaz Maaher Bukan Provokasi

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Hidayat Taufik

Berita Terkini Lainnya