Profil Atalia Praratya, Istri Kang Emil Melaju dari Jabar ke Senayan

Atalia Praratya kalahkan suara Melly Goeslaw, Nuru Arifin

Jakarta, IDN Times - Nama Atalia Praratya sudah dikenal luas, apalagi di kalangan masyarakat Jawa Barat. Ya, Atalia merupakan istri Ridwan Kamil, mantan Gubernur Jawa Barat.

Atalia yang lahir di Bandung pada 20 November 1973, sempat disebut akan maju sebagai wali kota Bandung. Tapi saat ini Atalia berhasil lolos ke Senayan, dengan suara paling tinggi di Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat I.  

Atalia Praratya yang kerap dipanggil Ibu Cinta, maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2024 dari Partai Golkar. Dia bertarung memperebutkan suara pemilih di Dapil Jabar I, bersaing dengan nama-nama besar seperti Nurul Arifin, Melly Goeslaw, Ledia Hanifa, Nico Siahaan, dan M. Farhan. 

Berdasarkan hasil rekapitulasi suara yang sudah ditetapkan oleh KPU, Atalia mengantongi suara sebesar 234.065, tertinggi di dapilnya mengalahkan Melly Goeslaw dari Partai Gerindra yang memperoleh 75.369 suara. 

Berikut profil singkat Atalia Praratya yang dirangkum IDN Times dari berbagai sumber.

Baca Juga: Tok! Melly Goeslaw-Atalia Kamil Dipastikan Lolos DPR RI Dapil Jabar I

1. Profil Atalia Praratya

Profil Atalia Praratya, Istri Kang Emil Melaju dari Jabar ke Senayanfakta Atalia Praratya, istri Ridwan Kamil (instagram.com/ataliapr)

Atalia Praratya yang akrab disapa Ibu Cinta, lahir di Bandung, Jawa Barat pada 20 November 1973. Ia beragama Islam dan terkenal di kalangan masyarakat sebagai istri dari mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil alias Kang Emil

Kedua pasangan suami istri itu telah menikah sejak Desember 1996, dan dikaruniai 3 anak yakni Emmeril Kahn Mumtadz yang telah berpulang ke rahmatullah pada 2022, Camillia Laetitia Azzahra, dan Arkana Aidan Misbach.  

Kehilangan anak pertama diketahui sangat mempengaruhi pasangan Ibu Cinta dan Kang Emil. Terlihat dari media sosial Instagram Ibu Cinta yakni @ataliapr yang kerap memposting potret ziarah ke makam sang anak. 

Adapun, media sosial TikTok @ataliapraratya.official selain digunakan sebagai wadah kampanye Atalia sebagai caleg Partai Golkar, juga berisi momen-momen dengan sang suami dan keluarga serta klip-klipnya di ragam medium seperti film dan acara TV. 

2. Pendidikan dan karier Atalia Praratya

Profil Atalia Praratya, Istri Kang Emil Melaju dari Jabar ke SenayanAtalia Praratya Istri Kang Emil Caleg Dapil Jawa Barat I (Instagram.com/ataliapr)

Secara pendidikan, Atalia berhasil mencapai gelar doktor alias S3 yang terlihat dari namanya di kertas coblos yakni Dr. Atalia Praratya , S.I.P., M.I.Kom. Kilas balik masa muda-nya, ia merupakan lulusan dari SMA Negeri 5 Bandung. 

Lalu ia melanjutkan kuliah D3 Prodi PAAP di Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran dan S1 Hubungan Internasional di Universitas Parahyangan (Unpar). Tidak puas dengan gelar sarjana, Ibu Cinta lanjut ke S2 Ilmu Komunikasi di Universitas Pasundan (Unpas). Setelah itu, ia pun meneruskan pengetahuan tentang ilmu komunikasi dengan kuliah S3 di Unpad. 

Usai pendidikan, Ibu Cinta sempat menjadi dosen di Universitas Widyatama. ia diketahui aktif sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bandung dan Ketua Dekranasda Kota Bandung. 

Selain itu, Ibu Cinta juga bertanggung jawab atas administrasi dan keuangan PT Urbane Indonesia yang merupakan perusahaan bidang konsultan arsitektur di bawah Kang Emil. Tidak hanya itu, secara karier politik, Ia juga sempat dikatakan akan maju di Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Bandung tahun ini.  

Adapun ragam buku novel hasil karya Atalia yaitu Cuma Rindu (2023), Women Leadership Digital - Referensi (2023), Dinda Tidak Rewel Lagi (2022), Laki-Laki ke 42 (2021), Rendi Sakit Perut (2020), Mia dan Ikan Goreng (2019), Catatan Kecil tentang Kita (2019), dan 89 Cara Bahagia ala Atalia (2017). 

3. Atalia Lolos ke Senayan dengan suara tertinggi di Jabar I

Profil Atalia Praratya, Istri Kang Emil Melaju dari Jabar ke Senayanfakta Atalia Praratya, istri Ridwan Kamil (instagram.com/ataliapr)

Untuk pertama kalinya, Ibu Cinta maju sebagai caleg DPR RI di Pemilu 2024 dan berhasil mengantongi suara tertinggi di Dapil Jabar I, yang mencakup Kota Bandung dan Kota Cimahi. 

Ia berhasil mengumpulkan suara sebanyak 193.665 dari Kota Bandung dan 40.400 dari Kota Cimahi. Pada Dapil tersebut Partai Golkar meraih dua kursi, di mana satu kursi jatuh ke Atalia yang memperoleh suara tertinggi yakni 234.065. 

Penasaran sama caleg lain yang lolos di Pemilu 2024? Yuk baca info terkini terkait caleg yang lolos atau berita baru lainnya hanya di IDN Times! 

Topik:

  • Sunariyah
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya