Akhirnya, Koalisi Sepakati Siapa yang Menjadi Cawapres Jokowi

Kapan cawapres Jokowi diumumkan?

Jakarta, IDN Times - Koalisi partai pengusung Joko "Jokowi" Widodo pada Pemilihan Presiden 2019 telah menyepakati satu nama sebagai calon wakil presiden. Kapan akan diumumkan?

"Koalisi menyepakati secara bulat satu nama cawapres warga terbaik Indonesia untuk mendampingi Jokowi," kata Ketua Umum PPP M Romahurmuziy di Jakarta, seperti diberitakan Antara, Selasa (24/7).

1. Koalisi minta Jokowi yang mengumumkan nama itu

Akhirnya, Koalisi Sepakati Siapa yang Menjadi Cawapres JokowiANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Adapun penyampaian nama cawapres kepada publik diserahkan kepada Jokowi, baik waktu maupun tempatnya. "Koalisi memberikan kehormatan tertinggi kepada Presiden Jokowi untuk mengumumkan pada saatnya," kata Rommy, sapaan akrabnya.

2. Siapa cawapresnya, tetap Jokowi yang tentukan

Akhirnya, Koalisi Sepakati Siapa yang Menjadi Cawapres JokowiANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Menurut Rommy, koalisi juga menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi untuk menentukan waktu pendaftaran ke KPU pada hari-hari terakhir pendaftaran Pilpres 4-10 Agustus 2018. "Menyesuaikan juga dengan kesibukan tugas-tugas negara yang beliau emban," kata Rommy.

3. Jokowi sudah bertemu enam ketua umum partai koalisi

Akhirnya, Koalisi Sepakati Siapa yang Menjadi Cawapres JokowiIDN Times/Vanny El Rahman

Pada Senin malam (23/7), Presiden Jokowi bertemu dengan enam ketua umum partai anggota koalisi di Istana Bogor. Mereka yang hadir adalah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, dan Ketua Umum PPP Romahurmuziy.

Salah satu agenda pertemuan adalah membahas cawapres yang akan mendampingi Jokowi selaku capres petahana pada Pilpres 2019.

Baca juga: Begini Gaya Trendi Jokowi saat Makan Malam 'Rendang Koalisi' di Bogor

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya