Saudi: Jamal Khashoggi Berkelahi dengan Orang di Konsulat

Kematian Khashoggi tak disengaja atau disiksa?

Arab Saudi, IDN Times - Stasiun televisi milik Arab Saudi melaporkan penyelidikan awal kasus kematian wartawan Washington Post, Jamal Khashoggi. Dalam laporannya yang mengutip  jaksa setempat menyebut, Khashoggi tewas setelah berkelahi dengan orang di dalam Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki.  
 

Dikutip dari situs BBC, Sabtu (20/10), perkelahian itu menewaskan Khashoggi.  

1. Investigasi masih terus berjalan

Saudi: Jamal Khashoggi Berkelahi dengan Orang di KonsulatANTARA FOTO/REUTERS/Murad Sezer

Dalam pernyataan disebutkan bahwa perkelahian pecah antara Khashoggi dengan "orang-orang yang bertemu dengannya di konsulat." Hingga kini, Arab Saudi masih terus menginvestigasi kematian Khashoggi.  

"Sebanyak 18 orang warga negara Saudi sudah ditahan," demikian pernyataan jaksa, seperti dilaporkan TV pemerintah Saudi itu.  
Informasi ini menjadi perhatian dunia karena sebelumnya, otoritas Saudi bersikukuh Khashoggi sudah meninggalkan kantor konsulat setelah mengurus dokumen pada 2 Oktober lalu.  

Baca Juga: Saudi: Jamal Khashoggi Tewas

2. Dua pejabat senior Saudi dipecat

Saudi: Jamal Khashoggi Berkelahi dengan Orang di KonsulatANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Laporan dalam TV milik negara itu juga melaporkan dua pejabat senior dipecat, yaitu deputi kepala intelijen Saudi, Ahmad al-Assiri dan penasihat Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman bernama Saud al-Qahtani.  

Masih mengutip dari situs BBC, Saud al-Qahtani juga merupakan anggota terkemuka di Saudi Royal Court.  Sementara Ahmed al-Assiri juga juru bicara kerajaan mengenai perang di Yaman.  

Baca Juga: Siapa Jamal Khashoggi, Wartawan yang Diduga Dihabisi Arab Saudi

3. Saudi akhirnya mengakui Khashoggi tewas di kantor konsulatnya

Saudi: Jamal Khashoggi Berkelahi dengan Orang di KonsulatANTARA FOTO/REUTERS/Kemal Aslan

Setelah berhari-hari mengklaim bahwa Khashoggi sudah meninggalkan kantor konsulatnya di Istanbul pada 2 Oktober lalu, sikap Arab Saudi berubah.  
 

Saudi akhirnya mengakui bahwa jurnalis itu tewas di kantor konsulatnya di Istanbul setelah perkelahian itu. Dengan kata lain, Saudi merujuk bahwa kematian Khashoggi tidak disengaja.  
 

Namun, penjelasan Saudi kontras dengan pernyataan sejumlah sumber otoritas keamanan Turki yang dilaporkan media-media lokal. Sejumlah media melaporkan bahwa Khashoggi tewas setelah disiksa.  
 

Baca Juga: Soal Jamal Khashoggi, Menlu AS: Kita Tunggu Investigasi Arab Saudi 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya