Real Count KPU: Jokowi-Ma'ruf Amin Sementara Unggul di Luar Negeri

Mereka menang telak di Singapura

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada hari ini, Minggu (5/5), menggelar rapat untuk rekapitulasi suara Pemilu 2019 di luar negeri. Rapat dihadiri oleh Bawaslu, tim sukses masing-masing calon presiden, yaitu BPN dan TKN, serta para saksi dari masing-masing partai politik.

Seperti apa hasil rapat yang digelar KPU tersebut?

Baca Juga: KPU: Petugas KPPS yang Wafat Bertambah Jadi 438 orang

1. Jokowi-Ma'ruf Amin unggul di beberapa wilayah

Real Count KPU: Jokowi-Ma'ruf Amin Sementara Unggul di Luar NegeriANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Pada rapat hari ini, KPU membuka rapat sesi hari ini dengan Jepang, Brunei Darussalam, dan Singapura. Berdasarkan data yang dibaca oleh Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN), pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin unggul di ketiga negara tersebut.

Di Jepang, Jokowi mendapatkan 5.955 suara, di Brunei Darussalam mendapatkan 8.051 suara, dan di Singapura mendapatkan 42.011 suara.

2. Selisih suara cukup jauh

Real Count KPU: Jokowi-Ma'ruf Amin Sementara Unggul di Luar NegeriInstagram/@rizky_irmansyah

Pada ketiga wilayah tersebut, suara pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga terpaut cukup jauh dengan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Di Jepang, Prabowo hanya mendapatkan 3.534 suara, di Brunei Darussalam mendapatkan 3.560 suara, dan di Singapura mendapatkan 5.900 suara.

3. Rekapitulasi suara pemilu luar negeri akan berlangsung empat hari

Real Count KPU: Jokowi-Ma'ruf Amin Sementara Unggul di Luar NegeriIDN Times/Prayugo Utomo

Menurut jadwal KPU, rekapitulasi suara Pemilu 2019 di luar negeri akan berlangsung selama empat hari. Penghitungan sendiri sudah berlangsung sejak kemarin, Sabtu (4/5).

Hingga hari ini, KPU telah menyelesaikan rekapitulasi suara di 14 wilayah untuk Pemilu 2019 yang dilangsungkan di luar negeri tersebut.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Topik:

  • Elfida

Berita Terkini Lainnya