Disparekraf DKI dan Kemlu Gelar Famtrip Promosikan Wisata Indonesia

Libatkan influencer, vlogger, dan selebgram negara sahabat

Jakarta, IDN Times - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta dan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menyelenggarakan familiarization trip (famtrip) bagi peserta program Friends of Indonesia (FOI) 2023 di Jakarta.

Kegiatan ini diklaim menjadi upaya untuk memperkuat promosi pariwisata, ekonomi, sosial, dan budaya Indonesia, termasuk Kota Jakarta. Hal itu juga diharapkan bisa memperluas pengetahuan tentang Jakarta dan Indonesia di ranah internasional.

"Kami mengajak para peserta dari berbagai negara yang memiliki pengaruh besar melalui media sosial untuk merasakan keindahan kota ini secara langsung. Diharapkan upaya ini dapat secara efektif mempromosikan Jakarta sebagai destinasi yang wajib dikunjungi bagi wisatawan mancanegara," ujar Kepala Disparekraf DKI Jakarta, Andhika Permata, dalam keterangannya, Sabtu (12/8/2023).

Baca Juga: Geruduk Balai Kota, Buruh Ingatkan UMR DKI Lebih Kecil dari Tetangga

1. Libatkan influencer, vlogger, dan selebgram negara sahabat

Disparekraf DKI dan Kemlu Gelar Famtrip Promosikan Wisata IndonesiaDinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta dan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) mengadakan perjalanan wisata di Jakarta bersama kreator konten dari negara sahabat yang tergabung dalam program Friends of Indonesia (FOI) 2023. (ANTARA/HO/Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta)

Sementara itu, Direktur Diplomasi Publik Kemlu RI, Yusron Ambary, menjelaskan, kegiatan FOI 2023 berfokus melibatkan tokoh-tokoh influencer, vlogger, dan selebgram berpengaruh dari negara sahabat untuk menyebarluaskan informasi tentang Indonesia lewat media sosial.

“Program FOI 2023 melibatkan 10 tokoh content creator dari lima negara sahabat, yaitu Australia, Filipina, Malaysia, Singapura, dan Timor-Leste, didukung oleh Perwakilan RI di luar negeri,” kata dia.

Baca Juga: Disdik DKI: Tak Ada Toilet Gender Netral di 102 Sekolah Internasional

2. Peserta keliling Jakarta pada 10-13 Agustus

Disparekraf DKI dan Kemlu Gelar Famtrip Promosikan Wisata IndonesiaSuasana Kawasan Kota Tua di Jakarta, Minggu (29/3/2020) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Para peserta program FOI 2023 melakukan kegiatan keliling Jakarta pada 10-13 Agustus. Mereka juga sekaligus menghadiri dan meliput acara seni budaya lewat program Indonesia Channel (Inchan). Program itu menampilkan tarian kolaboratif oleh 45 penari dari 32 negara di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. 

Influencer dari berbagai negara yang dilibatkan itu diharapkan bisa menarik calon wisatawan mancanegara untuk berkunjung dan meningkatkan visibilitas Jakarta dan Indonesia sebagai tujuan perjalanan utama.

Dengan begitu, nantinya manfaat ekonomi dapat dirasakan oleh bisnis dan industri kreatif lokal. Para peserta juga akan lanjut kunjungan ke Solo dan Bali pada 13-16 Agustus 2023.

Baca Juga: Ngerinya Polusi Udara Jakarta: Ganggu Kesehatan hingga Desakan WFH

3. Kunjungi Kota Tua hingga Masjid Istiqlal

Disparekraf DKI dan Kemlu Gelar Famtrip Promosikan Wisata IndonesiaAktivitas di Masjid Istiqlal, Jakarta (19/4/2023). (IDN Times/Herka Yanis)

Selama famtrip, peserta FOI 2023 mengunjungi beberapa landmark ikonik Jakarta seperti Monumen Nasional, Kota Tua, Bundaran Hotel Indonesia, Masjid Istiqlal, dan Gereja Katedral.

Selain itu, mereka juga menikmati kuliner dan hidangan autentik Indonesia. Para peserta FOI juga antusias berinteraksi dan menyebarkan informasi mengenai kemajuan kerja sama ASEAN.

"Programnya luar biasa dan saya terkesan dengan toleransi dan kerukunan umat beragama di Indonesia yang dilambangkan dengan Terowongan Silaturahmi yang menghubungkan dua simbol agama di Jakarta, Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral Jakarta," komentar salah satu peserta FOI asal Australia, Tanya.

Baca Juga: Jokowi Akan Pimpin 12 Pertemuan di KTT ASEAN Jakarta

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya