Imigrasi Buka Layanan Paspor Merdeka Weekend Nanti, Di Mana Saja?

Untuk permohonan paspor baru dan habis masa berlaku

Jakarta, IDN times - Direktorat Jenderal Imigrasi (Dirjen) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) akan menggelar Layanan Paspor Merdeka. Hal itu dilakukan rangkaian kegiatan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) atau Hari Lahir KemenkumHAM ke-78.

Kegiatan itu bakal dihelat di 126 kantor imigrasi seluruh Indonesia secara serentak. Dijadwalkan, agenda ini berlangsung pada Sabtu, 5 Agustus 2023.

“Kami hadirkan Layanan Paspor Merdeka di hari Sabtu dengan harapan masyarakat yang berhalangan di hari kerja bisa mendapat kesempatan mengurus paspor,” kata Plh. Direktur Lalu Lintas Keimigrasian, Joko Surono, dilansir Selasa (1/8/2023).

1. Konfirmasi kuota dan teknis antrean ke kantor imigrasi

Imigrasi Buka Layanan Paspor Merdeka Weekend Nanti, Di Mana Saja?ilustrasi imigrasi cara naik kereta dari Malaysia ke Singapore (Dok. imigrasi.go.id)

Joko mengatakan, masyarakat yang hendak menggunakan layanan ini bisa mengonfirmasi teknis antrean dan kuota yang ada. Konfirmasi dilakukan ke kontak atau media sosial masing-masing kantor imigrasi.

Layanan ini disediakan untuk permohonan paspor baru dan penggantian habis masa berlaku. Adapun untuk paspor biasa 48 halaman dikenakan tarif Rp350 ribu dan paspor elektronik dikenakan tarif sebesar Rp650 ribu.

“Kuota dan teknis antrean berbeda-beda untuk setiap kantor imigrasi. Jadi bagi yang akan mengurus paspor pada layanan ini silakan dikonfirmasi lebih dahulu kepada kantor imigrasi tujuan,” ujar Joko.

Baca Juga: Imigrasi: Waspada Penipuan! Permohonan Paspor Hanya Lewat Aplikasi

2. Layanan Paspor Merdeka berlangsung di JIExpo selama tiga hari

Imigrasi Buka Layanan Paspor Merdeka Weekend Nanti, Di Mana Saja?Ilustrasi dokumen paspor calon jemaah haji. ANTARA FOTO/Moch Asim/wsj.

Joko mengatakan, layanan paspor yang dibuka secara masif di semua kantor imigrasi menjadi bagian dari semarak hari jadi KemenkumHAM ke-78. Hal ini untuk berikan pilihan lebih banyak bagi masyarakat untuk mengurus paspor.

Bukan hanya itu, Dirjen Imigrasi juga menggelar Layanan Paspor Merdeka pada 3 hingga 8 Agustus 2023 di JiExpo, Kemayoran. Ada tiga ribu kuota permohonan paspor yang disediakan selama tiga hari.

3. Reservasi dilakukan dari aplikasi M-Paspor

Imigrasi Buka Layanan Paspor Merdeka Weekend Nanti, Di Mana Saja?Layanan paspor secara "Drive Thru" di Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Bandara Soekarno Hatta, Tangerang (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Untuk layanan paspor pemohon yang datang harus melakukan reservasi dari aplikasi M-paspor. Pemohon paspor baru wajib membawa EKTP, KK, Akte Lahir atau Ijazah sekolah atau buku nikah.

Sedangkan, bagi yang hendak lakukan penggantian paspor cukup membawa EKTP dan paspor lama.

Nantinya akan ada verifikasi berkas persyaratan, pengambilan data biometrik berupa foto wajah dan sidik jari serta tahap wawancara. Pembayaran bisa dilakukan baik secara offline atau online banking, kantor pos, Indomaret, dan marketplace.

“Sekali lagi kami imbau masyarakat untuk memanfaatkan bulan bakti ini untuk mengurus paspor. Kami sediakan kuota yang lebih dari memadai,” kata Joko.

Baca Juga: Imigrasi Sediakan 3 Ribu Kuota Pemohon Paspor di JIEXPO Kemayoran

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya