Imigrasi Resmikan 30 Autogate di Ngurah Rai buat Pangkas Waktu

Wacanakan penambahan menjadi 80 autogate di Ngurah Rai

Intinya Sih...

  • Direktorat Jenderal Imigrasi resmikan 30 autogate di Bandara Ngurah Rai, Bali.
  • Autogate dapat digunakan oleh WNI dan WNA dengan paspor elektronik, membantu percepatan pemeriksaan keimigrasian.

Jakarta, IDN Times - Direktorat Jenderal Imigrasi meresmikan pengoperasian 30 autogate di Terminal Kedatangan Internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Tak hanya warga negara Indonesia (WNI), fasilitas ini juga dapat digunakan warga negara asing (WNA) yang memiliki paspor elektronik dan merupakan pemegang e-VoA dan eVisa.

"Ke depannya, Imigrasi akan terus melakukan evaluasi dan pengembangan lebih lanjut agar inovasi-inovasi dapat terus berjalan lebih optimal,” kata Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim dalam keterangannya, dikutip Kamis (7/3/2024).

Baca Juga: I Gusti Ngurah Rai Jadi Bandara AP I Tersibuk Selama 2023

1. Rerata kedatangan internasional di Ngurah Rai capai 20 ribu orang

Imigrasi Resmikan 30 Autogate di Ngurah Rai buat Pangkas WaktuPesawat parkir di Bandara Internasional Lombok. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Persemian autogate ini dilakukan pada Rabu (6/3/2024). Fasilitas autogate, menurut Silmy, membantu membuat lalu lintas pemeriksaan keimigrasian menjadi semakin cepat.

Apalagi rata-rata kedatangan internasional di Bandara Ngurah Rai sebanyak 14.000-16.000 orang per hari saat low season dan 18.000-20.000 saat high season.

Baca Juga: Imigrasi Ungkap Berbagai Masalah WNI di Arab Saudi 

2. Pelayanan keimigrasian WNA yang terintegrasi dan seamless

Imigrasi Resmikan 30 Autogate di Ngurah Rai buat Pangkas WaktuImigrasi resmikan fasilitas autogate di Bandara Ngurah Rai, Bali (dok. Ditjen Imigrasi)

Sistem autogate menggabungkan teknologi pengenalan wajah (face recognition) dan Border Control Management (BCM), proses pemeriksaan diklaim hanya membutuhkan waktu 15-25 detik per penumpang.

Penerapan teknologi tersebut disebut mendukung ekosistem pelayanan keimigrasian bagi WNA yang terintegrasi dan seamless, mulai dari proses pengajuan visa secara online hingga alur pemeriksaan keimigrasian yang lebih nyaman.

3. Wacanakan penambahan menjadi 80 autogate di Ngurah Rai

Imigrasi Resmikan 30 Autogate di Ngurah Rai buat Pangkas Waktupotret hal membingungkan di bandara (reddit.com/user/redsignals)

Jumlah perlintasan WNI dan WNA yang memasuki wilayah Indonesia melalui Tempat Pemeriksaan Imigrasi Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada 2023, hampir menyentuh angka 6 juta orang.

Silmy menuturkan, tingginya angka perlintasan tersebut perlu didukung dengan peningkatan pelayanan berbasis digital yang berkelanjutan. Silmy menambahkan bahwa pada kuartal II-2024, rencananya bakal ada penambahan unit, sehingga total autogate yang terdapat di Bandara Internasional Ngurah Rai mencapai 80.

"Direktorat Jenderal Imigrasi berkomitmen untuk menghadirkan layanan keimigrasian di Tempat Pemeriksaan Imigrasi yang cepat, tepat, dan akurat. Inovasi yang dihadirkan Imigrasi diharapkan dapat mendorong pariwisata, pertumbuhan ekonomi dan pembangunan nasional,” tutur Silmy.

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya