KemenPPPA Beri Penghargaan Kabupaten atau Kota Layak Anak 2023

19 masuk kategori utama dan 76 masuk nindya

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) memberikan penghargaan untuk Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) 2023.

Total dari 360 kabupaten atau kota, sebanyak 19 masuk kategori Utama, 76 masuk kategori Nindya, dan 130 kategori Madya, dan 135 serta kategori Pratama. Sementara itu, penghargaan ini juga diberikan pada 14 Provinsi Layak Anak (PROVILA). 

“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kami atas segala komitmen dan keseriusan para Gubernur, Bupati, Walikota, dan jajarannya yang telah serius berupaya menghadirkan wilayahnya yang aman bagi anak," kata Menteri PPPA, Bintang Puspayoga dalam keterangannya, dilansir Senin (24/7/2023).

"Amanat kontitusi pun mewajibkan negara untuk memenuhi semua hak anak, melindungi anak, dan menghargai pandangan anak sebagaimana tercantum dalam Konvensi Hak Anak yang diratifikasi melalui peraturan perundangan lainnya,” tambahnya.  

1. Jadi upaya mencapai kabupaten atau kota layak anak

KemenPPPA Beri Penghargaan Kabupaten atau Kota Layak Anak 2023KemenPPPA berikan Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak 2023 di Semarang, Jumat (22/7/2023). (dok. KemenPPPA)

Bintang berharap agar penghargaan ini jadi cambuk penyemangat bagi daerah untuk bekerja lebih keras melindungi kelompok dan memastikan pemenuhan hak anak.

Penghargaan dianggap upaya mewujudkan cita-cita menuju Kabupaten atau Kota Layak Anak dan Indonesia Layak Anak (IDOLA) 2030 serta Indonesia Emas 2045.

“Capaian yang menggembirakan ini bukanlah suatu tujuan akhir, tetapi suatu proses dan penyemangat untuk semakin maju dalam memperjuangkan pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak di daerahnya masing-masing. Besar harapan saya bahwa daerah yang berhasil mendapat prestasi terbaiknya dapat menjadi inspirasi dan membagikan praktik-praktik baiknya bagi daerah lain yang juga sama-sama sedang berjuang menuju Kabupaten/Kota Layak Anak,” kata Bintang.

Baca Juga: Kemen PPPA: Suami KDRT Istri Hamil di Serpong Bisa Dipenjara 10 Tahun

2. Ada delapan kabupaten atau kota pertahankan posisi kategori utama

KemenPPPA Beri Penghargaan Kabupaten atau Kota Layak Anak 2023KemenPPPA berikan Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak 2023 di Semarang, Jumat (22/7/2023). (dok. KemenPPPA)

Sebanyak delapan dari 19 kabupaten/kota yang meraih penghargaan Kategori berhasil mempertahankan predikat kategori utama dari tahun lalu yaitu Kota Yogyakarta, Kota Surabaya, Kota Surakarta, Kota Denpasar, Kota Jakarta Timur, Kota Probolinggo, Kabupaten Sleman, dan Kabupaten Siak.

Sedangkan 11 sisanya adalah Bantul, Kota Balikpapan, Kota Sawahlunto, Kabupaten Tulungagung, Kota Semarang, Kota Jakarta Utara, Kota Jakarta Selatan, Kota Padang, Kota Padang Panjang, Kota Madiun, dan Kabupaten Sragen.

3. DKI Jakarta dan Banten masuk kategori PROVILA

KemenPPPA Beri Penghargaan Kabupaten atau Kota Layak Anak 2023Ilustrasi anak-anak (IDN Times/Besse Fadhilah)

Selain itu 14 Provinsi berhasil meraih penghargaan PROVILA, yakni Bali, Banten, DKI Jakarta, D.I Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Riau, Sulawesi Utara, dan Sumatera Barat.

“Bagi daerah yang telah berhasil mencapai penghargaan terbaik sekali lagi saya ucapkan selamat, dan bagi daerah yang belum berhasil memperoleh penghargaan terbaiknya, saya harap dapat segera berbenah, realisasikan dan implementasikan perwujudan pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak melalui kebijakan, program, dan kegiatan yang secara langsung menyentuh dan melibatkan anak,” kata Bintang

Baca Juga: Kemen PPPA Dorong Keterwakilan Perempuan hingga Tingkat Desa

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya