Menkominfo Bahas Peluang Kerja Sama dengan Apple, Tim Cook Optimistis

Dorong Apple bangun pusat inovasi di Indonesia

Jakarta, IDN Times - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, mengatakan, CEO Apple, Tim Cook punya optimisme yang sangat tinggi dalam melakukan investasi di Indonesia karena memiliki potensi menjadi negara maju di masa depan.

"Beliau optimistis melihat Indonesia negara yang betul-betul memiliki karakter budaya yang khas, kuat, masyarakatnya optimistis, kondisi demografi kita yang isinya 65 persen adalah generasi muda. Ini kan negara masa depan, karena itulah kita juga meyakinkan kepada seluruh pemain global untuk berinvestasi di Indonesia," kata dia, dikutip Jumat (19/4/2024).

Baca Juga: Menkominfo Beri Sinyal Bos Apple Bakal Bangun Pabrik di Indonesia

1. Minta masyarakat optimistis

Menkominfo Bahas Peluang Kerja Sama dengan Apple, Tim Cook OptimistisCEO Apple Inc, Tim Cook bicara tentang hasil pertemuannya dengan Presiden Joko “Jokowi” Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/4/2024). (dok. IDN Times/Istimewa)

Menurutnya, perusahaan teknologi global yakin jika Indonesia akan menjadi negara maju di masa depan. Oleh karena itu, masyarakat Indonesia juga harus lebih optimistis.

“Harusnya kita sebagai anak bangsa juga lebih optimistis lagi. Kita akan bisa menjadi negara maju dan menjadi bagian penting dari global supply chain untuk produk-produk teknologi,” kata dia.

Baca Juga: CEO Apple Tertarik Investasi di Solo, Gibran Tunggu Ada Peluang

2. Dampak investasi perusahaan teknologi global terhadap Indonesia

Menkominfo Bahas Peluang Kerja Sama dengan Apple, Tim Cook OptimistisCEO Apple, Tim Cook tiba di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/4/2024). (dok. IDN Times/Istimewa)

Menurut Budi, ada banyak dampak investasi perusahaan teknologi global. Antara lain transfer teknologi, pembukaan lapangan kerja, dan mengembangkan inovasi.

“Terus terang akan berdampak banyak, baik transfer teknologi, pembukaan lapangan kerja dan juga memberikan berbagai inovasi dan kreativitas dari generasi muda kita," katanya.

Baca Juga: Luhut Ungkap Apple Minat Investasi Kecerdasan Buatan di IKN

3. Dorong Apple bangun pusat inovasi di Indonesia

Menkominfo Bahas Peluang Kerja Sama dengan Apple, Tim Cook OptimistisCEO Apple, Tim Cook menemui Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto di Kantor Kemhan, Rabu (17/4/2024) (dok. Tim Humas Prabowo)

Oleh karena itu, pemerintah pun mendorong Apple membangun pusat inovasi teknologi digital bekerja sama dengan minimal tiga kampus di Indonesia. Sejauh ini, kata Budi Arie, Apple Developer Academy dapat meningkatkan kapasitas developer muda Indonesia.

"Kita mengapresiasi Apple yang membangun Apple Developer Academy untuk pengembang atau developer muda. Apple Developer Academy memberi kesempatan kepada talenta muda Indonesia untuk berkreasi menciptakan berbagai aplikasi,” ucapnya.

Menkominfo juga mendorong talenta muda Indonesia memanfaatkan peluang pendidikan itu untuk mengembangkan kreativitas dan memberi nilai tambah kemajuan teknologi di masa depan.

Pada Rabu (17/4/2024), Presiden Joko "Jokowi" Widodo bertemu dengan CEO Apple, Tim Cook di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Selain membahas potensi kerja sama untuk meningkatkan peran Indonesia dalam rantai pasokan global, dalam pertemuan tersebut Presiden menawarkan peluang investasi di Ibu Kota Nusantara bagi perusahaan teknologi global itu.

Baca Juga: Apple Segera Izinkan User Mengunduh Aplikasi Lewat Web di Uni Eropa

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya