Menkominfo Sebut 5.000 Tower BTS BAKTI Bakal Diaktifkan Akhir Tahun

Sebut ada lima ribu tower akan aktif akhir tahun

Jakarta, IDN Times - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Budi Arie Setiadi mengungkapkan ada sekitar lima ribu tower BTS (Base Transceiver Station) 4G. Ribuan BTS proyek dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) ini bakal diaktivasi atau dinyalakan akhir 2023.

“Ya kita mau memastikan BTS-BTS yang sudah direncanakan dibangun ini harus bisa selesai tahun ini. Sekitar lima ribuan lebih BTS itu bisa bukan terbangun lagi melayani masyarakat terutama di daerah tiga T terluar terdepan tertinggal begitu,” kata dia saat ditemui di Jakarta, Kamis (19/10/2023).

1. Lima ribu BTS itu siap layani masyarakat

Menkominfo Sebut 5.000 Tower BTS BAKTI Bakal Diaktifkan Akhir Tahun(Pemeriksaan menara BTS) ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Dia menjelaskan lima ribuan tower BTS itu akan siap memberikan pelayanan jaringan pada masyarakat. Namun dia belum mengungkapkan hal tersebut secara detail.

“Masih, sudah terbangun tinggal pelayanan. Pada waktunya  kita akan bicarakan dengan media,” katanya.

Baca Juga: OPM Dituding Sebabkan Pembangunan 471 Tower BTS 4G di Papua Tertunda

2. Soal konsorsium proyek BTS yang baru

Menkominfo Sebut 5.000 Tower BTS BAKTI Bakal Diaktifkan Akhir TahunKetua Umum Dharma Pertiwi, Vero Yudo Margono dalam agenda Peluncuran Kegiatan Literasi Digital Keluarga Besar TNI “Jelajahi Dunia Digital dengan Bijak” di Jakarta, Kamis (19/10/2023). (IDN Times/Lia Hutasoit)

Seperti diketahui, proyek BTS belakangan menjadi perhatian publik karena adanya dugaan kasus korupsi. Persidangan kasus yang disebut merugikan negara senilai Rp 8 triliun ini masih berjalan. Total sudah ada 12 tersangka yang terseret dalam kasus ini.

Dalam kasus proyek menara BTS BAKTI Kominfo, berbagai fakta sidang terus berkembang, salah satunya ada dugaan aliran uang Rp70 miliar yang masuk ke Komisi I DPR RI yang diungkap saksi mahkota. 

Ketika ditanya soal konsorsium yang bakal lanjutkan kerja proyek ini, dia mengaku hal tersebut akan dibicarakan dengan Satgas Bakti Kominfo yang baru dibentuk.

“Itu di ranah hukum lah, kita kan ingin lihat ke depan. (Penentuan konsorsium) itu kajian dari Satgas," ucapnya.

3. Pembentukan Satgas Bakti Kominfo

Menkominfo Sebut 5.000 Tower BTS BAKTI Bakal Diaktifkan Akhir TahunMenteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Pada Senin, 16 Oktober 2023 Kominfo resmi membentuk Satuan Tugas Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti). Budi berharap Satgas ini bisa bekerja secara tepat dan cepat dalam mengawal percepatan penyelesaian infrastruktur digital 3T.

“Satgas ini harus bekerja dengan tepat dan cepat, Saya mohon meluangkan waktu dan energi yang optimal untuk menjalankan tugas yang mulia ini. Selamat bertugas, semua ikhtiar yang kita upayakan adalah untuk kemajuan bangsa Indonesia,” kata dia dalam Kick off Meeting Satgas Bakti Kominfo, di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Senin.

4. Pada 2021 ada 4.343 BTS 4G yang sudah mengudara

Menkominfo Sebut 5.000 Tower BTS BAKTI Bakal Diaktifkan Akhir Tahun(Menara BTS) ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Masa tugas Satgas Bakti Kominfo tercatat mulai tanggal 12 Oktober 2023 dan akan berakhir seiring masa jabatan Menkominfo pada bulan Oktober Tahun 2024. 

Menurutnya, pada 2021, terdapat 4.343 BTS 4G yang sudah on air. Selain itu ada potensi penambahan 617 BTS yang siap on air atau mengudara jika kontrak payung baru diterbitkan. 

“Setidaknya, ada 450-an (BTS), Sehingga layanan yang sudah dan akan diterima masyarakat dapat berlanjut dan manfaat digitalisasi dapat segera dirasakan masyarakat di seluruh pelosok Indonesia,” ungkapnya.

Baca Juga: Kejagung: Tersangka BTS Kominfo Edward Hutahaean Komisaris BUMN

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya