Polri: Pemudik Istirahat di Rest Area Maksimal 30 Menit

Jika penuh pemudik diminta ke rest area selanjutnya

Jakarta, IDN Times - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi akan ada 123,8 juta pemudik pada Lebaran Tahun 2023. Jalan tol masih jadi primadona jalur pemudik yang turut diperkirakan akan mengalami kepadatan, termasuk adalah penggunaan tempat istrahat atau rest area di jalan tol. 

Salah satu yang jadi konsentrasi pemerintah dan kepolisian adalah kepadatan di rest area. Direktur Keamanan dan Keselamatan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Brigjen Pol Ery Nursatari, mengungkapkan, akan ada batasan waktu penggunakan rest area bagi para pemudik.

"Mereka juga kami kasih batas waktu, maksimal 30 menit. Kami akan ada public address yang anggota terus berada di rest area, seperti dari Jasa Marga. Segala macam kami akan mengatur juga kami layani dengan baik," kata dia dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) bertajuk 'Mudik Aman dan Berkesan', Senin (10/4/2023).

Baca Juga: Puncak Mudik Gratis Jakarta Berangkat 18 April 2023 dari Monas

1. Petakan masalah-masalah tahun lalu

Polri: Pemudik Istirahat di Rest Area Maksimal 30 MenitIlustrasi mudik (ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf)

Dia mengatakan, Korlantas bersama Kemenhub serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah melaksanakan survei mulai Januari-Februari untuk memetakan masalah mudik di jalan raya pada tahun 2022.

"Kami sama-sama memetakan masalah-masalah tahun lalu, kami sama-sama diskusikan untuk bagaimana caranya mengatasi pada tahun ini jangan sampai terjadi," kata dia.

Baca Juga: Polri: ETLE Tetap Berlaku Selama Mudik Lebaran 2023

2. Lahan parkir rest area disebut sudah banyak diperluas

Polri: Pemudik Istirahat di Rest Area Maksimal 30 MenitIlustrasi rest area. Dokumen Istimewa

Ery menjelaskan, rest area mempunyai kapasitas daya tampung yang terbatas. Namun dengan adanya pengalaman tahun-tahun lalu, pihaknya pun sudah melihat beberapa perubahan.

Salah satunya adalah PUPR yang telah mengambil langkah memperluas lahan-lahan parkir, kemudian mengatur mekanisme lalu lintas yang ada di dalam rest area sehingga para pemudik yang ada di rest area itu tidak parkir seenaknya.

Baca Juga: Erick Thohir Pastikan Stok BBM Aman di Musim Mudik Lebaran 2023

3. Jika rest area penuh, pemudik diminta cari lokasi lain

Polri: Pemudik Istirahat di Rest Area Maksimal 30 MenitIlustrasi arus mudik di jalan tol (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Nantinya, jika kondisi rest area pada momen mudik Lebaran sudah penuh, maka akan dilakukan penutupan. Pengendara yang memang ingin istrahat sejenak, akan diarahkan ke rest area selanjutnya.

"Silakan ke rest area selanjutnya (jika sudah penuh), itu yang akan kami lakukan, tapi sudah ada perubahan banyak rest area yang diperlebar untuk lahan parkirnya," kata Ery.

4. Jasa Marga memprediksikan puncak arus mudik akan terjadi H-2 Lebaran

Polri: Pemudik Istirahat di Rest Area Maksimal 30 MenitIlustrasi mudik. Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memprediksi puncak arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah akan terjadi mulai 18 hingga 21 April 2023. (Sumber: Kompas.com)

Diberitakan, Kemenhub mengungkapkan sebanyak 62,5 persen atau 77,3 juta pemudik berasal dari Pulau Jawa.

Provinsi Jawa Timur adalah daerah tertinggi yang menjadi daerah asal pemudik yaitu sebesar 21,2 juta orang (17,1 persen) dan menjadi daerah tujuan mudik kedua tertinggi setelah Jawa Tengah, yaitu sebesar 24,6 juta (19,87 persen).

Sementara, Jasa Marga memprediksikan puncak arus mudik akan terjadi pada dua hari jelang Lebaran atau 20 April 2023, sedangkan arus balik akan terjadi pada dua hari setelah Lebaran atau 25 April 2023.

Baca Juga: Truk Barang Dilarang Melintas Selama Lebaran 2023, Ini Alasan Kemenhub

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya