Profil Ustaz Syafiq Basalamah yang Ditolak GP Ansor Surabaya

Bukan sekali ditolak GP Ansor

Jakarta, IDN Times - Pendakwah Ustaz Syafiq Riza Hasan Basalamah tengah menjadi sorotan setelah pengajuan rencana ceramahnya di Masjid Asslam Purimas Surabaya, Kamis (22/2/2024), batal. Kehadiran Ustaz Syafiq Basalamah ditolak oleh Pengurus Anak Cabang (PAC) GP Ansor Kecamatan Gunung Anyar Surabaya, organisasi sayap Nahdlatul Ulama (NU) di Surabaya. 

Siapakah Ustaz Syafiq Riza Hasan Basalamah yang pengajiannya ditolak oleh Ansor? Berikut ini IDN Times merangkum profil dari Ustaz Syafiq Riza Hasan Basalamah dari berbagai sumber.

1. Lulusan Universitas Islam Madinah hingga S3

Profil Ustaz Syafiq Basalamah yang Ditolak GP Ansor Surabayailustrasi madinah (pexels.com/ Konevi)

Lahir di Jember, Jawa Timur, Ustaz Syafiq telah lama aktif di dunia keagamaan. Syafiq Riza bin Hasan bin Abdul Qadir bin Salim Basalamah nama aslinya dikenal sebagai pengajar agama Islam dan sering diundang untuk memberikan ceramah di berbagai daerah. 

Dia mengenyam pendidikan agama sejak muda. Mulai dari Pesantren Al Irsyad al Islamiyyah di Bondowoso pada tahun 1996. Kemudian dia menyelesaikan Program D1 di LIPIA Jakarta pada tahun 1998, lalu melanjutkan Syu’batul Lughah (Program Bahasa) di Universitas Islam Madinah dan menyelesaikannya pada tahun 1999. 

Bukan hanya itu Ustaz Syafiq kemudian meraih gelar sarjana di Fakultas Dakwah Dan Ushuluddin dari Universitas Islam Madinah pada tahun 2003. Gelar S2 dan S3 diambilnya pada jurusan dan universitas yang sama. Gerla itu diraihnya pada tahun 2007 dan 2013.

Baca Juga: Kajian di Surabaya Ditolak GP Ansor, Ustaz Syafiq Basalamah Minta Maaf

2. Tercatat sebagai dosen

Profil Ustaz Syafiq Basalamah yang Ditolak GP Ansor SurabayaUstaz Syafiq Basalamah saat mengucapkan permohonan maaf pembatalan kajian di Surabaya. (Instagram/@syafiqrizabasalamah)

Namanya juga tercatat sebagai salah satu dosen di Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah (STDI) Imam Syafi'i Jember. STDI adalah salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) di Jember.

Ustaz Syafiq juga menghasilkan sejumlah karya dan buku. Mulai dari Andai Aku Tidak Menikah Dengannya, Rumahku Masih Ngontrak, Mimpi Bertemu Nabi, Bersama Keluarga Masuk Surga, dan Berbekal Setengah Isi Setengah Kosong .

Baca Juga: Ricuh, Ansor Tolak Pengajian Ustaz Syafiq Basalamah di Surabaya

3. Pernah ditolak juga pada 2022

Profil Ustaz Syafiq Basalamah yang Ditolak GP Ansor SurabayaKericuhan penolakan pengajian Ustad Syafiq Hasan Basalamah di Gunung Anyar, Jumat (22/2/2024). (Dok. Istimewa)

Bukan hanya Ustaz Syafiq yang pernah ditolak oleh GP Ansor dan Banser NU ada beberapa ustaz kondang lain yang juga pernah mengalami hal serupa. Selain iti ada juga penolakan pada Ustaz Hanan Attaki, Ustaz Khalid Basalamah hingga Ustaz Firanda Andirja.

Pada Maret 2022 Gerakan Pemuda Ansor menolak acara tabligh akbar dengan penceramah Ustaz Syafiq Riza Basalamah ceramah di daerah Grobogan, Jawa Tengah.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya