Puan Sindir Anggaran Stunting: Banyak Digunakan Buat Rapat

Anggaran yang dialokasikan tak tepat sasaran

Jakarta, IDN Times - Ketua DPR RI, Puan Maharani menyinggung penggunaan anggaran program stunting yang dianggap tak tepat sasaran. Dalam pidato Sidang Paripurna DPR RI, Rabu (16/8/2023), Puan menjelaskan dari Rp10 miliar anggaran yang disediakan, hanya Rp2 miliar yang dibelanjakan untuk kelompok penerima manfaat.

Melihat kondisi ini, Puan mengatakan belanja negara masih perlu ditingkatkan kualitas dan efektivitasnya. Apalagi, pelaksanaan dalam penggunaan anggaran program stunting sudah pernah disoroti oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

"Dari Rp10 miliar, hanya Rp2 miliar yang dibelanjakan untuk kepentingan langsung dari Kelompok Penerima Manfaat. Sedangkan, Rp8 Miliar dipergunakan untuk perjalanan dinas, rapat-rapat, penguatan, dan pengembangan," kata Puan.

Harapannya, belanja negara, khususnya pada tahun anggaran 2024 bisa semakin berkualitas. Seluruh program di kementerian atau lembaga bisa menunjukkan alokasi anggaran yang bermanfaat. Hal ini supaya bisa langsung dirasakan oleh kelompok penerima manfaatnya yakni rakyat.

Baca Juga: Jokowi: Angka Stunting di Indonesia Turun, Jadi 21,6 Persen

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya