Comscore Tracker

Survei: Peluang Bahtiar Tinggi Jadi Calon Pj Gubernur Gantikan Anies

Kepuasan kinerja pada Bahtiar mencapai 76 persen

Jakarta, IDN Times - Lembaga Trust Indonesia merilis survei key opinion leader tentang calon Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta yang akan melanjutkan jabatan Anies Baswedan usai masa pemerintahannya berakhir 16 Oktober 2022.

Dalam ssurvei tersebut, nama Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Bahtiar, disebut menjadi calon pengganti terkuat Anies Baswedan untuk menjabat sebagai Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta.

"Bahtiar unggul di tingkat kinerja, mulai dari kapasitas dan integritas, pengalaman, antikorupsi dengan tingkat kepuasan 76,2 persen," kata perwakilan Lembaga Trust Indonesia, Ahmad Fadli, dalam diskusi daring 'Pj Gubernur Jakarta dan Upaya Meredam Polarisasi Politik', Sabtu (1/10/2022).

Baca Juga: Begini Sepak Terjang Bahtiar, Calon Pj Pengganti Anies Baswedan 

1. Kepuasan kerja dari Marullah Matali hanya 52,4 persen

Survei: Peluang Bahtiar Tinggi Jadi Calon Pj Gubernur Gantikan AniesSekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Marullah Matali (IDN Times/Aryodamar)

Bahtiar disebut-sebut menjadi salah satu kandidat Pj Gubernur DKI Jakarta. Hasil survei yang dimulai pada 28 hingga 30 September 2022 tersebut menunjukkan Bahtiar  menempati posisi atas dengan tingkat kepuasan kinerja sebesar 76,2 persen.

Kemudian, nama lainnya yang selama ini disebut-sebut adalah, Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Marullah Matali. Dalam survei, persentase yang diraih Marullah adalah 52,4 persen, sedangkan Kepala Sekretariat Kepresidenan, Heru Budi Hartono, yang juga menjadi salah satu nama yang digadang-gadang mendapat 36,1 persen.

Baca Juga: Kata Pakar Otda soal Aturan Ideal Pj Gubernur DKI

2. Hasil key opinion leader mengarah pada dua nama

Survei: Peluang Bahtiar Tinggi Jadi Calon Pj Gubernur Gantikan Aniesilustrasi survei (IDN Times/Aditya Pratama)

Fadli menjelaskan, melihat dari hasil key opinion leader, mengarah pada dua calon Pj Gubernur, yaitu Bahtiar dan Marullah Matali.

"Untuk key opinion leader, kami tidak perlu menggunakan jumlah responden seperti popularitas, elektabilitas, karena untuk opinion leader di sini kami mengunci kepada expert saja dan tidak harus KTP DKI Jakarta. Tetapi mereka yang paham dan mengetahui kinerja atau mengetahui profil dari ketiga Pj Gubernur DKI," ujar dia.

Hasil dari key opinion leader calon Pj Gubernur DKI Jakarta, diketahui yang terbaik adalah Bahtiar dengan 59,8 persen, Marullah Matali dengan 35,7 persen dan Heru Budi Santoso dengan 4,5 persen.

Baca Juga: Anies Baswedan: Polarisasi Bukan Berarti Pecah, tapi Cuma Beda Kutub

3. Populasi survei adalah para expert

Survei: Peluang Bahtiar Tinggi Jadi Calon Pj Gubernur Gantikan Aniesilustrasi survei (IDN Times/Aditya Pratama)

Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling (non-probability sampling) dengan merumuskan kriteria spesifik yang akan diteliti terlebih dahulu.

Populasi survei adalah responden pakar atau para expert yang dianggap mempunya pengetahuan mendalam tentang para calon Pj Gubernur DKI Jakarta 2022.

Jumlah responden survei sebanyak 112 dengan tingkat keragaman responden expert yang terdiri dari 8 profesi, yaitu birokrat, akademisi, pengusaha, tokoh masyarakat, media, aktivis mahasiswa, lembaga swadaya masyarakat (LSM), dan pengamat politik.

Baca Juga: Curhat Najwa Shihab, Pernah Dituding Tebang Pilih Pada Anies Baswedan

4. Tiga kandidat nama pengganti Anies Baswedan

Survei: Peluang Bahtiar Tinggi Jadi Calon Pj Gubernur Gantikan AniesGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Dok.Humas Pemprov DKI Jakarta)

Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria bakal menyelesaikan jabatannya sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta pada 16 Oktober 2022.

Pj Gubernur baru akan memimpin DKI Jakarta hingga pelaksanaan Pilkada serentak pada 2024 mendatang.

Saat ini, DPRD DKI Jakarta sudah mengusulkan tiga nama kandidat Pj Gubernur DKI. Mereka adalah Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono; Sekretaris Daerah DKI Marullah Matali, dan Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar.

Baca Juga: Jokowi Belum Terima Nama-Nama Calon PJ Gubernur DKI Jakarta

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya