Syarif dan Sony, 2 Ajudan Jokowi yang Berpakaian Adat di Sidang MPR

Syarif dan Sony mendampingi Jokowi saat ke Ukraina

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyampaikan pidatonya dalam Sidang Tahunan MPR dan Pidato Kenegaraan Presiden RI, Rabu (16/8/2023).

Seperti biasa, Jokowi mengenakan baju adat dalam kegiatan kenegaraan tersebut. Tahun ini Jokowi hadir dengan mengenakan pakaian adat asal Tanimbar asal Maluku.

Saat pidato, Jokowi didampingi oleh dua ajudannya, yang juga mengenakan baju adat. Mereka adalah Asisten Ajudan Presiden Kompol Syarif Muhammad Fitriansyah yang berdiri di sisi kiri Jokowi dan Kapten (Inf) Mat Sony Misturi di sisi kanan Jokowi.

Asisten Ajudan Presiden Kompol Syarif Muhammad Fitriansyah terlihat menggunakan pakaian adat asal Dayak, Kalimantan, dan Kapten (Inf) Mat Sony Misturi menggunakan pakaian adat asal Bali.

Dua ajudan ini turut mendampingi Presiden Jokowi saat kunjungan kerja (kunker) ke empat negara, yakni Jerman, Ukraina, Rusia, dan Uni Emirat Arab. Usai menghadiri KTT G7 di Munich, Jerman, Jokowi beserta rombongan menuju ke Kiev, Ukraina pada 28 Juni 2022.

Pada Oktober 2021 lalu, IDN Times pernah melakukan wawancara khusus dengan Kompol Syarif Muhammad Fitriansyah, saat itu pangkatnya masih Ajun Komisaris Polisi (AKP).

Kepada IDN Times, Syarif bercerita perjalanannya dari mulai Akademi Kepolisian hingga menjadi ajudan Presiden Jokowi. 

Selama mendampingi Jokowi, Syarif bercerita sering menjadi fotografer dadakan untuk sang Presiden. "Jujur itu merupakan inisiatif dari saya, saya tidak pernah mau untuk memberikan suatu pencitraan dan sebagainya, tapi yang ingin kita sampaikan kepada masyarakat itu adalah bagaimana beliau seorang Presiden RI memperhatikan hal kecil ya," ujarnya saat itu.

Baik Syarif maupun Sony, keduanya memiliki pengikut (follower) banyak di akun Instagram mereka. Dilihat di akun @syrfxvii, follower Syarif 127 ribu, sementara di akun @matsonymisturi, follower Sony 24,3 ribu.

Baca Juga: [WANSUS] Cerita Asisten Ajudan Jokowi, dari Sidak hingga Kunker

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya