Comscore Tracker

Kisah Pengusaha Madura Boyong 7 Anggota Keluarga Naik Kereta Sleeper

Keluarkan ongkos Rp6,3 juta untuk mudik

Jakarta, IDN Times - PT Kereta Api Indonesia (KAI) secara resmi memulai perjalanan untuk kereta ekslusif tujuan Jakarta-Surabaya bernama kereta Sleeper. 

Pasalnya, kereta ini menyajikan fasilitas setara dengan kelas bisnis pesawat dan lebih ekslusif hanya untuk 18 penumpang saja. 

Untuk dapat menikmati kereta setara pesawat kelas bisnis, penumpang harus mengeluarkan uang tak sedikit yakni Rp900ribu. Bagaimana tanggapan penumpang dengan harga segitu?

1. Pengusaha asal Madura ini boyong 7 anggota keluarga cicipi kereta Sleeper  

Kisah Pengusaha Madura Boyong 7 Anggota Keluarga Naik Kereta SleeperIDN Times/Linda Juliawanti

Syahweri (39) merupakan penumpang pertama yang merasakan sensasi naik kereta dengan fasilitas seperti kelas bisnis pesawat ini. Tak tanggung-tanggung, dirinya memboyong 7 anggota keluarganya untuk menikmati kereta Sleeper ini. 

"Tahu informasi soal kereta ini dari anak saya, belinya udah 2 hari lalu lewat Traveloka," ujar pengusaha asal Madura ini kepada IDN Times, Senin (12/6). 

2. Rp900ribu dinilai Syahweri sepadan dengan fasilitas yang didapatkan

Kisah Pengusaha Madura Boyong 7 Anggota Keluarga Naik Kereta SleeperIDN Times/Linda Juliawanti

Terkait ongkos yang lebih tinggi, Syahweri merasa tak keberatan sekalipun harus mengeluarkan Rp900ribu untuk ketujuh anggota keluarganya. Artinya untuk mudik kali ini, dia harus mengeluarkan uang sebesar Rp6.300.00 hanya untuk ongkos.

"Tidak kemahalan karena sama seperti pesawat kan fasilitasnya. Biasanya kami naik pesawat tapi sekarang naik kereta aja, enak bisa lebih santai menikmati perjalanan," kata pria berusia 39 tahun ini sembari terkekeh.

3. Mudik sendiri tak kesepian karena ada berbagai hiburan  

Kisah Pengusaha Madura Boyong 7 Anggota Keluarga Naik Kereta SleeperIDN Times/Linda Juliawanti

Mengenai kenyamanan kereta Sleeper ini juga dirasakan oleh Hendri, pegawai swasta yang merantau di Ibu Kota. Tak seperti Syahweri yang memboyong anggota keluarganya, Hendri mesti mudik seorang diri.

"Dengan harga Rp900 menurut saya worth it-lah, ya. Lihat aja fasilitas gini, ada tv tempat tidur. Jadi ga kesepian meski saya mudik sendiri. Perjalanan jauh menyenangkan karena nyaman," tutur dia. 

4. Langsung tertarik ketika mengetahui informasi dibukanya Kereta Sleeper  

Kisah Pengusaha Madura Boyong 7 Anggota Keluarga Naik Kereta SleeperIDN Times/Linda Juliawanti

Hendri mengakui baru mengetahui terkait adanya kereta Sleeper dari pemberitaan di media. Pria yang akan melakukan perjalanan ke Surabaya ini langsung tertarik manakala pembelian tiket dibuka.

"Saya beli langsung di website KAI kemarin malam jam 9. Katanya kalau gak promo di atas Rp 1 juta ya, tapi tetap gak kapok karena untuk menikmati perjalanan nyaman gak murah kan. Ada harga ada kualitas-lah istilahnya," ucapnya.

5. Tiket kereta Sleeper langsung ludes terjual  

Kisah Pengusaha Madura Boyong 7 Anggota Keluarga Naik Kereta SleeperIDN Times/Linda Juliawanti

Sementara itu, Senior Manager Humas KAI Daop I Edy Kuswoyo mengatakan meskipun belum beroperasi, animo masyarakat terkait kereta sleeper ini membuat tiket langsung habis terjual dalam hitungan jam.

"Empat kereta sleeper yang bakal beroperasi sudah habis. Kebanyakan (pembeli) dari Surabaya. Dan kami belum tahu bakal menambahnya atau tidak," kata Edy ditemui terpisah.

Adapun kereta kelas luxury ini telah memulai perjalanan perdananya hari ini, Selasa (12/6) di rangkaian KA Argo Anggrek relasi Stasiun Gambir-Stasiun Semarang Tawang-Stasiun Surabaya Pasarturi (PP). 

Selain fasilitas kursi yang dapat direbahkan 170 derajat secara elektrik disertai dengan sandaran kaki elektrik, kereta ini juga terdapat aneka hiburan seperti terdapat TV 12 inchi yang bisa digunakan untuk mendengarkan radio, menonton film, maupun bermain games. Kemudian kereta ini juga dilengkapi dengan headset, USB charging power source, foldable food trady, bantal, selimut, tempat sampah, kaca, cup holder, dan gantungan jaket yang tersedia per penumpang dan per kursi.

Baca juga: FOTO-FOTO: Mewahnya Kereta Sleeper, Serasa Terbang dengan Kelas Bisnis

Topic:

  • Sugeng Wahyudi

Just For You