Comscore Tracker

Ansar-Marlin Klaim Menang, Kubu Petahana Tunggu Real Count KPU 

Hitung Sirekap KPU Kepri hasil antar paslon ketat

Batam, IDN Times - Pasangan calon (Paslon) nomor urut 02 Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) gubernur Kepuluan Riau (Kepri), Isdianto-Suryani (INSANI) masih menunggu hasil hitung nyata (real count) yang dilakukan oleh tim mereka. Isdianto merupakan calon gubernur Kepri petahana.

Berdasarkan tautan real count milik KPU pilkada2020.kpu.go.id dengan total suara yang masuk masih 38,72 persen, paslon Ansar-Marlin unggul 44,1 persen dengan perolehan 139.484 suara, kemudian disusul paslon Isdianto-Suryani mendapat 34,8 persen dengan total 110.256 suara, dan terakhir paslon Surya-Iman memperoleh 21,1 persen dengan total 66.838 suara.

1. Tim pemenangan INSANI bikin sistem real count sendiri

Ansar-Marlin Klaim Menang, Kubu Petahana Tunggu Real Count KPU Ilustrasi surat suara (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Ketua tim pemenangan paslon INSANI, Bakti Lubis, menyampaikan, sampai saat ini total suara yang masuk dalam sistem mereka telah menyampai 91 persen. Hasil sementara menunjukkan paslon INSANI selisih dua persen dengan paslon nomor urut 03, Ansar Marlin (AMAN).

Sebelumnya, paslon nomor urut 03 untuk Pilgub Kepri, Ansar-Marlin mengklaim kemenangan berdasarkan hitung cepat (quick count) lembaga survei Indikator milik Burhanuddin.

2. Tim INSANI akui kalah dari paslon Ansar-Marlin

Ansar-Marlin Klaim Menang, Kubu Petahana Tunggu Real Count KPU Tahapan-tahapan dalam Pilkada 2020. (IDN Times/Sukma Shakti)

Bakti menerangkan, paslon INSANI masih selisih dua persen dengan paslon nomor urut 3. Ia menyebutkan, dari hasil real count mereka, paslon INSANI memperoleh suara sebesar 37 persen. Sedangkan paslon AMAN memperoleh suara sebesar 39 persen.

Bakti merincikan dari hasil real count tersebut, perolehan suara INSANI di Kota Batam masih unggul dibandingkan dengan paslon AMAN. Tidak hanya Batam, di Kabupaten Karimun INSANI juga unggul dari paslon AMAN.

"Untuk di daerah lain seperti Lingga, Anambas, Natuna perolehan kita seri," kata dia.

Baca Juga: Polda Kepri Kerahkan 11.027 Personel Pengamanan Pilkada 6 Daerah

3. Menunggu real count 100 persen

Ansar-Marlin Klaim Menang, Kubu Petahana Tunggu Real Count KPU Ilustrasi Pendaftaran KPU (IDN Times/Sukma Shakti)

Saat ini, tim pemenangan INSANI masih menunggu penghitungan suara hingga 100 persen, sembari juga menunggu hasil perhitungan suara dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). "Nantinya apapun hasilnya akan kita sampaikan," kata dia.

Selain itu, Bakti mengatakan tim pemenangan juga akan melakukan validasi dengan hasil perhitungan dari para saksi dan data dari KPU. Tim juga sedang mengumpulkan bukti-bukti pengaduan dari awal kampanye hingga saat ini, agar selanjutnya dapat mengambil tindakan.

“Kami minta kepada masyarakat Kepri, tim pemenangan, simpatisan agar tetap solid, karena sampai saat ini kami masih terus berjuang,” katanya.

4. Paslon Surya-Iman tolak kemenangan paslon lain

Ansar-Marlin Klaim Menang, Kubu Petahana Tunggu Real Count KPU Aplikasi Sirekap. (IDN Times/Asrhawi Muin)

Paslon nomor urut 1, Surya-Iman (SINERGI) menyampaikan hasil hitung cepat (quick count) belum menjadi penentu kemenangan bagi paslon tertentu.

"Telah beredar banyak quick count dari masing-masing paslon. D isini kita menang, di yang lain kita di urutan kedua, dan di yang lain lagi kita urutan ketiga," ujar Surya.

Menurut Soerya Respationo hasil akhir Pilkada Kepri akan ditentukan berdasarkan hasil rapat pleno di KPU Kepri nanti.

5. Minta pendukung dan tim kawal penghitungan suara

Ansar-Marlin Klaim Menang, Kubu Petahana Tunggu Real Count KPU (Kertas penghitungan suara di TPS 012) Istimewa

Paslon 01 meminta kepada seluruh pendukung untuk mengawal proses pelaksanaan rekapitulasi penghitungan perolehan suara dari tingkat kelurahan hingga tingkat provinsi.

"Ayo kita pastikan tidak ada kecurangan dan manipulasi dalam setiap tahapannya," katanya.

Berdasarkan tautan real count milik KPU pilkada2020.kpu.go.id dengan total suara yang masuk masih 38,72 persen, paslon Ansar-Marlin unggul 44,1 persen dengan perolehan 139.484 suara, kemudian disusul paslon Isdianto-Suryani mendapat 34,8 persen dengan total 110.256 suara, dan terakhir paslon Surya-Iman memperoleh 21,1 persen dengan total 66.838 suara.

Baca Juga: Paslon Gubernur Kepri Ansar-Marlin Klaim Menang Versi Hitung Cepat

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya