Nama Cawapres Jokowi akan Diumumkan 8-10 Agustus

Siapa yang kepo?

Jakarta, IDN Times - Pembukaan pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden akan segera dilakukanKomisi Pemilihan Umum (KPU). Artinya semakin tipis deadline untuk kandidat calon presiden mengumumkan nama pendampingnya.

Joko Widodo yang merupakan petahana hingga kini juga belum mengumumkan nama sosok yang akan mendampinginya menjadi calon wakil presiden. Beberapa nama santer terdengar disebut-sebut sebagai calon pendamping Jokowi.

Hingga kini baik Jokowi maupun PDI-P atau partai pengusung lainnya enggan memberi bocoran siapa yang akan menjadi calon wakil presiden bagi Jokowi. Namun rahasia ini tidak akan lama lagi disimpan. Nama calon wakil presiden akan segera diumumkan.

1. Diumumkan antara hari Rabu atau Jumat

Nama Cawapres Jokowi akan Diumumkan 8-10 AgustusIDN Times/Margith Damanik

"Antara tanggal 8 atau tanggal 10," kata Sekretaris Jendral PDI-P, Hasto Kristiyanto saat ditemui di kawasan SCBD, Jakarta Selatan dalam acara Deklarasi Blusukan Jokowi. "Tinggal nanti yang dipilih antara hari Rabu tanggal 8 atau tanggal 10 hari Jumat," tambahnya.

Menurut Hasto, di internal PDI-P sendiri solid mengenai calon wakil presiden. Ketua umum partai politik yang turut mengusung Jokowi juga sudah duduk bersama melakukan profiling.

Terkait waktu pengumuman, PDI-P sepenuhnya menyerahkan kepada Jokowi. "Menyerahkan kepada pak Jokowi pada momentum yang tepat untuk disampaikan kepada masyarakat," kata Hasto.

Baca juga: Banyak Aksi dan Kekinian, Ini 12 Foto Jokowi yang Menjadi Viral

2. Sosok cawapres menjadi benteng konstitusi

Nama Cawapres Jokowi akan Diumumkan 8-10 AgustusInstagram/@jokowi

Hasto menyatakan bahwa sosok yang dicari sebagai sosok calon wakil presiden bagi Jokowi adalah sosok yang ideologis dan merakyat. "Memiliki pemikiran yang demokratis dan menjadi benteng konstitusi," kata Hasto.

Poin penting lain yang disampaikan Hasto adalah sosok calon wakil presiden Jokowi hendaknya memiliki satu kesatuan kepemimpinan untuk rakyat. Sosok ini menurut Hasto juga sudah didialogkan bersama di dalam pertemuan antara Jokowi dengan seluruh ketua umum partai politik yang mengusung Jokowi.

3. Gelombang dukungan rakyat pada Jokowi terus mengalir

Nama Cawapres Jokowi akan Diumumkan 8-10 AgustusIDN Times/Margith Damanik

Hasto menilai karena kepemimpinan Jokowi yang merakyat, maka hal tersebut dapat membentuk gelombang dukungan yang akan terus menerus diberikan masyarakat kepada Jokowi. "Dan ini positif," kata Hasto menegaskan.

Banyaknya nama bakal calon wakil oresiden yang diusulkan mendampingi Jokowi menurut Hasto menjadi salah satu bukti kepemimpinan Jokowi diakui. "Kepemimpinan yang memberikan arah bagi masa depan bangsa. Yang menyelesaikan masalah rakyat," kata Hasto.

Baca juga: Akhirnya, Koalisi Sepakati Siapa yang Menjadi Cawapres Jokowi

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya