Fraksi PDIP Ajukan Pembentukan Pansus JIS ke DPRD DKI Jakarta

Apa urgensinya?

Jakarta, IDN Times - Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta mengajukan permohonan pembentukan panitia khusus (pansus) untuk Jakarta International Stadium (JIS). Sekretaris Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Dwi Rio Sambodo, mengatakan, pihaknya secara resmi sudah bersurat kepada Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi tentang hal ini.

"Ya sudah, Fraksi PDIP menyampaikan surat usulan kepada Ketua DPRD tentang pansus JIS," ujar Rio sat dikonfirmasi.

Surat tertanggal 17 Juli 2023 itu sudah ditandatangi Rio dan Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono.

Baca Juga: Anies Baswedan soal Revitalisasi JIS: Saya Gak Mau Cawe-cawe

1. Akan temui Ketua DPRD DKI Jakarta

Fraksi PDIP Ajukan Pembentukan Pansus JIS ke DPRD DKI Jakarta(Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDIP, Dwi Rio Sambodo) Instagram/@dwiriosambodo

Rio mengaku diminta oleh pimpinan fraksi untuk berkomunikasi tentang hal ini dengan Ketua DPRD DKI Jakarta. Rencananya, dia akan bertemu dengan Prasetyo untuk memberi penjelasan lisan.

"Ini perlu kita sampaikan karena memang sampai kemarin beliau (Prasetyo) ber-statement, beliau tidak ada, memang belum ada surat usulan pansus JIS," ujar Rio.

Baca Juga: Dipecat dari Anggota DPRD DKI, Nasib Cinta Mega di PDIP Ditentukan DPP

2. Sudah dikomunikasikan dengan anggota DPRD

Fraksi PDIP Ajukan Pembentukan Pansus JIS ke DPRD DKI JakartaPembangunan Jakarta International Stadium (JIS) (IDN Times/Ilyas Mujib)

Menurut Rio, komunikasi sudah dijalin dengan sejumlah anggota DPRD tentang objek teknis realisasi hasil produk dari rencana pembangunan JIS.

"Munculnya permasalahan hasil pembangunan Jakarta International Stadium sebagai dampak teknis dan perencanaan pembangunan Jakarta International Stadium itu sendiri," demikian bunyi isi surat yang disampaikan Fraksi PDIP kepada pimpinan DPRD DKI Jakarta.

Pimpinan fraksi nantinya yang akan memutuskan siapa yang ditugaskan untuk menjadi anggota pansus jika usulan tersebut disetujui pimpinan DPRD.

Baca Juga: Alasan NasDem Pilih GBK Ketimbang JIS untuk Gelar Apel Siaga Perubahan

3. Soroti sejumlah isu soal JIS

Fraksi PDIP Ajukan Pembentukan Pansus JIS ke DPRD DKI JakartaUpdate pembangunan Jakarta Internasional Stadium (JIS), Jumat (14/1/2022). (IDN Times/Uji Sukma Medianti)

Sejumlah isu disoroti Fraksi PDIP soal JIS. Mulai dari fungsi stadion, sarana dan prasarana, isu homebase Persija, hingga persiapan Piala Dunia U-17 disebut menjadi ruang lingkup yang akan diperhatikan.

Dia mengatakan, pihak Jakpro sempat membahas permasalahan ini dan saat ini ada upaya negosiasi kepada Persija terkait isu tersebut.

"Kemudian yang paling trending itu soal fungsi stadion, dari sarana dan prasarana. Yang paling kentara kan soal rumput misalnya. Modifikasi jenis rumput dan medianya kemudian fasilitas pintu masuk dan sebagainya," ujar Rio.

Baca Juga: Akhirnya, FIFA Bicara Soal Rumput JIS Lewat Surat ke PSSI

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya