Jubir Presiden: Jokowi Segera Kirim Surpres RUU IKN ke DPR

Jubir presiden tak pungkiri dukungan parpol dibutuhkan

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Fadjroel Rachman mengatakan, Jokowi akan segera mengirimkan Surat Presiden (Surpres) mengenai Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) kepada DPR.

"Soal IKN itu memang presiden sudah berencana akan menyerahkan Surat Presiden ke DPR soal RUU Ibu Kota Negara," ujar Fadjroel dalam diskusi virtual di kanal YouTube MNC Trijaya, Sabtu (28/8/2021).

Baca Juga: Kata Jubir Presiden soal Isu Reshuffle Kabinet Usai PAN Merapat Jokowi

1. Tak disangkal dukungan politik akan diperlukan dalam pembangunan IKN

Jubir Presiden: Jokowi Segera Kirim Surpres RUU IKN ke DPRPresiden Jokowi saat meninjau lokasi IKN di PPU untuk pertama kalinya sejak penentuan IKN baru (IDN Times/Yuda Almerio)

Fadjroel tak menyangkal, dukungan partai politik tentu diperlukan dalam pembangunan IKN. "Dukungan dari partai politik dan semuanya tentu diperlukan," kata dia.

Selain itu, menurut dia, posisi presiden juga harus dilihat secara jelas. "Presiden sekarang harus dilihat dalam posisi bukan hanya sebagai kepala pemerintahan, tapi juga kepala negara," ujar Fadjroel.

2. Pertemuan dengan parpol untuk ciptakan kerja sama gotong royong

Jubir Presiden: Jokowi Segera Kirim Surpres RUU IKN ke DPRJuru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman, memberikan keterangan pers di Kompleks Istana Negara, Senin 18 November 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Pembahasan mengenai IKN menjadi salah satu agenda dalam pertemuan Jokowi dengan ketua umum dan sekjen tujuh partai politik pendukung pemerintahan pada Rabu, 25 Agustus lalu.

Menurut Fadjroel, pertemuan ini dilakukan untuk membangun kerja sama gotong royong seperti yang selama dua tahun terakhir dilakukan Jokowi bersama pihak lain yakni perguruan tinggi, akademisi, media massa, dunia usaha, ormas, dan partai politik.

Kerja sama ini, kata Fadjroel, dianggap Jokowi juga bisa membantu mempercepat langkah Indonesia menangani pandemik COVID-19.

3. Ada lima agenda yang dibicarakan dalam pertemuan Jokowi dan elite parpol koalisi

Jubir Presiden: Jokowi Segera Kirim Surpres RUU IKN ke DPRIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Fadjroel mengutip ucapan Sekjen Nasdem, Johnny G Platte mengenai agenda pembahasan dalam pertemuan Jokowi dengan tujuh ketua umum dan sekjen partai politik pada 25 Agustus 2021.

Adapun kelima agenda yang dibahas mengenai update kemajuan, tantangan, dan rencana penanganan COVID-19, pengembangan makro ekonomi nasional, strategi ekonomi dan bisnis negara, ketatanegaraan otonomi daerah dan sistem pemerintahan akibat pandemik COVID-19, serta mengenai Ibu Kota Negara (IKN) baru dan tindak lanjutnya.

"Itu saja sebenarnya yang dibicarakan dalam pertemuan dengan tujuh ketua umum dan sekjen tersebut," ujar Fadjroel.

Baca Juga: Jokowi Undang Puan ke Istana, Bahas PPKM hingga Isu Ibu Kota Baru

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya