Surya Paloh: Syahrul Yasin Dihargai di Luar, Terhina di Dalam Negeri

Syahrul Yasin resmi mundur sebagai Mentan

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum partai NasDem, Surya Paloh, buka suara soal kasus dugaan korupsi yang dilakukan kadernya, Syrahrul Yasin Limpo (SYL), di lingkungan Kementerian Pertanian.

Surya Paloh mengaku kasus ini di luar dugaannya. Dia mengatakan bisa memahami betapa terhinanya SYL karena terseret korupsi.

"Di luar dugaan, baik oleh saya dan kawan-kawan dan saya yakin juga di luar dugaan bung Syahrul Yasin Limpo, dia harus mengalami kondisi seperti yang dialaminya saat ini," ujar Surya Paloh saat memberi keterangan pers di Kantor NasDem, Jakarta pada Kamis (5/10/2023).

1. Dipuji di luar, terhina di dalam

Surya Paloh: Syahrul Yasin Dihargai di Luar, Terhina di Dalam NegeriKetum NasDem, Surya Paloh, ketika memberikan keterangan pers pada Kamis (5/10/2023) di NasDem Tower. (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Surya Paloh menyinggung bagaimana Syahrul Yasin Limpo baru menerima penghargaan dalam perjalanan dinasnya ke luar negeri. Penghargaan diterima atas keberhasilan pemerintah Indonesia di bidang pertanian.

"Di saat dia menerima pengharagaan seperti itu yang juga merupakan kebanggaan bagi kita semua, di dalam negeri dia mengalami satu peristiwa yang saya bisa pahami bagaimana terhinanya dirinya, kecewa, sedih, terlepas daripada semua permasalahan," ujar Surya Paloh.

Baca Juga: Ketua KPK Firli Bahuri Bantah Memeras Syahrul Yasin Limpo

2. Perintahkan SYL mundur sebagai Mentan

Surya Paloh: Syahrul Yasin Dihargai di Luar, Terhina di Dalam NegeriKetua Umum NasDem, Surya Paloh saat memberi sambutan di HUT ke-10 Partai NasDem Satu Dekade di Jalan Restorasi pada Kamis (11/11/2021). (youtube.com/NasDem TV)

Surya Paloh memerintahkan Syahrul Yasin Limpo untuk mundur dari jabatannya sebagai Menteri Pertanian. Ini dilakukan agar dia bisa fokus pada kasus hukum yang menjeratnya.

"Saya sudah menerima laporan daripada bung Syahrul. Atas nama DPP saya sampaikan segera menghadap Presiden, sampaikan surat pengunduran diri sebagai Menteri Pertanian," ujar Surya Paloh.

3. SYL resmi mundur sebagai Mentan

Surya Paloh: Syahrul Yasin Dihargai di Luar, Terhina di Dalam NegeriMenteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. (Dok. Kementan)

Menindaklanjuti instruksi dari ketua umum partainya, Syahrul Yasin Limpo resmi mengundurkan diri sebagai Menteri Pertanian pada Kamis (5/10/2023) sore.

Surat pengunduran diri telah diserahkan SYL kepada Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.

Syahrul Yasin Limpo menjadi kader NasDem kedua yang menjabat sebagai menteri dalam kabinet Indonesia Maju yang tersandung kasus korupsi. Sebelumnya ada Johnny G. Plate yang sempat menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Baca Juga: Klarifikasi Surya Paloh soal Bubarkan Partai jika Kader NasDem Korupsi

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya