Comscore Tracker

Ajak Warga dan Karyawan, Cara BPJS Ketenagakerjaan Meriahkan HUT Ke-44

Bangun engagement antara karyawan dan stakeholders

Jakarta, IDN Times - Beragam kegiatan digelar untuk menyambut HUT BPJS Ketenagakerjaan agar menambah semarak peringatan ke-44 tahun. Menjelang tanggal 5 Desember, setiap tahunnya BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) merayakannya dengan cara mengajak masyarakat umum dan karyawan untuk turut memeriahkan dengan berbagai kegiatan. 

Seluruh rangkaian kegiatan tersebut bertujuan membangun engagement antara karyawan dan manajemen, serta menjaga dan meningkatkan relasi yang sudah sangat baik dengan pekerja dan stakeholders

Kegiatan yang dirangkai seperti ini selalu dilakukan BPJamsostek agar tercipta sinergi yang baik dan semangat positif bagi masyarakat pekerja di Indonesia dan para stakeholders.

Sukacita menyambut HUT ke-44 tahun ini terlihat jelas dari antusiasme publik dalam mengikuti perlombaan seperti pada lomba penulisan jurnalistik dan fotografi yang terbuka untuk umum yang hingga ditutup pada 5 Desember 2021 mencatatkan 3.934 karya untuk 2 kategori tersebut. 

1. Berkomitmen terus aktif menjalin kerja sama

Ajak Warga dan Karyawan, Cara BPJS Ketenagakerjaan Meriahkan HUT Ke-44BPJamsostek menyatakan kesiapannya mendukung Pemerintah dalam menyukseskan penyaluran bantuan subsidi upah (BSU). (Dok. BPJamsostek)

Selain itu, BPJamsostek juga menggelar Seminar Internasional ASSA (Asean Social Security Association) yang diikuti delegasi dan ketua dari lembaga jaminan sosial negara-negara anggota serta menyelenggarakan gathering bersama Serikat Pekerja dan Serikat Buruh untuk terus menjalin silaturahmi dan kerja sama yang baik dengan seluruh stakeholders pekerja. 

Direktur Utama BPJamsostek, Anggoro Eko Cahyo, dalam webinar tersebut berkomitmen terus aktif menjalin kerja sama dengan negara anggota ASSA dan dalam waktu dekat akan mengundang seluruh anggota untuk datang dalam rapat anggota membahas beberapa hal penting terkait pelaksanaan jaminan sosial.

Selain bagi masyarakat umum dan stakeholders, juga digelar kompetisi di bidang Porseni (Pekan Olahraga dan Seni) bagi internal BPJamsostek, seperti sepak bola, futsal, badminton, basket, tenis meja, hingga e-sport dan kompetisi seni, seperti BPJamsostek Idol dan lomba mengubah lagu Mars BPJamsostek.

Baca Juga: BPJAMSOSTEK: Atlet Profesional Patut Dapat Perlindungan

2. Pemberian unit sepeda buatan anak bangsa, Kreuz

Ajak Warga dan Karyawan, Cara BPJS Ketenagakerjaan Meriahkan HUT Ke-44BPJamsostek dengan bangga mempersembahkan sepeda lipat buatan Bandung, Kreuz, untuk memeriahkan HUT ke-44 BPJamsostek. (Dok. BPJamsostek)

Selain lomba, BPJamsostek juga menggelar kegiatan Fun Bike secara terbatas untuk undangan kepada karyawan dan stakeholders. Dalam kegiatan Fun Bike yang diselenggarakan pada Minggu (5/12), dimeriahkan dengan pemberian hadiah doorprize kepada para peserta kegiatan. Ada hal yang menarik dalam pemberian doorprize tersebut, yaitu pemberian unit sepeda lipat buatan anak bangsa, Kreuz.

Anggoro dengan bangga mempersembahkan sepeda lipat buatan Bandung yang memiliki spesifikasi yang hampir menyamai sepeda lipat tiga merek ternama buatan Inggris. Nama Kreuz merupakan saduran dari bahasa Sunda 'Kareueus' yang artinya kebanggaan, selain singkatan dari Kreasi Orang Sunda. 

“Kami jajaran manajemen BPJamsostek merasa bangga dapat memberikan hadiah ini dan semoga menambah kebanggaan bagi si pemakai sepeda ini nantinya,” ujarnya. 

Seluruh jajaran Direksi dan Dewan Pengawas secara serentak menandatangani sepeda Kreuz tersebut sebagai wujud apresiasi dan diharapkan dapat memberikan rasa bangga kepada penerima hadiah sepeda tersebut.

3. Diharapkan selalu adaptif dalam menghadapi tantangan dan menjadi institusi yang solutif

Ajak Warga dan Karyawan, Cara BPJS Ketenagakerjaan Meriahkan HUT Ke-44Gedung Plaza BPJAMSOSTEK (Dok. BPJAMSOSTEK)

Kemeriahan HUT BPJamsostek meski diadakan di tengah kondisi pandemik, tetap menerapkan aturan ketat protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Menurut Anggoro, hal ini merupakan sebuah keharusan yang selalu dijaga insan BPJamsostek dalam mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan kerja masing-masing.

Anggoro mengapresiasi pelaksanaan HUT BPJamsostek yang ke-44 ini. Hal ini dianggap Anggoro sebagai pemicu semangat bagi para peserta BPJamsostek dan karyawan dalam menghadapi tantangan dan dinamika jaminan sosial ketenagakerjaan yang akan dihadapi. Menurutnya. semangat seperti ini sangat dibutuhkan terutama di era pandemik COVID-19 seperti saat ini. 

“Dengan memiliki semangat dan antusiasme yang sama, saya yakin BPJamsostek dapat selalu memenuhi ekspektasi peserta dan stakeholders dalam menyelenggarakan program jaminan sosial ketenagakerjaan,” tegasnya.

Anggoro berharap, peserta BPJamsostek dapat lebih partisipatif terhadap kegiatan yang dilakukan institusi dan turut memberikan aspirasi dan masukan atas pelaksanaan perlindungan program BPJamsostek, baik melalui kegiatan formal maupun informal seperti kegiatan lomba yang terbuka bagi pekerja secara umum. 

Dengan begitu, BPJamsostek diharapkan selalu adaptif dalam menghadapi tantangan dan menjadi institusi yang solutif terhadap kebutuhan dan ekspektasi peserta dan seluruh stakeholders. (WEB)

Baca Juga: Webinar Dewas BPJAMSOSTEK: Millennial Layak Jadi Pemimpin Masa Depan

Topic:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya