Kemnaker dan Pemkab Ponorogo Gelar Job Fair, Tersedia 3.000 Loker

Pertemukan pencari kerja dan pemberi kerja

Jakarta, IDN Times – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Ponorogo menggelar Job Fair Ponorogo 2023. Kegiatan yang berlangsung di Ponorogo City Center (PCC) pada 16-17 November 2023 ini menyediakan 3.069 lowongan kerja. 

Sekretaris Jenderal Kemnaker, Anwar Sanusi, mengatakan, Job Fair Ponorogo 2023 bertujuan mempertemukan sisi supply (pencari kerja) dan sisi demand (pemberi kerja/perusahaan) untuk dapat bertemu secara langsung tanpa perantara. 

1. Bantu perusahaan mendapatkan tenaga kerja sesuai kebutuhan

Kemnaker dan Pemkab Ponorogo Gelar Job Fair, Tersedia 3.000 LokerSekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Sekjen Kemnaker), Anwar Sanusi, saat membuka Job Fair Ponorogo 2023. (dok. Kemnaker)

Anwar mengatakan bahwa kegiatan Job Fair Ponorogo 2023 juga bertujuan agar pencari kerja mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bakat, minat, kemampuan, dan kompetensinya, serta pemberi kerja mendapatkan kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

“Job Fair ini dimaksudkan untuk membantu perusahaan mendapatkan tenaga kerja sesuai kebutuhan perusahaan secara offline/online, serta menurunkan tingkat pengangguran terbuka,” katanya saat membuka Job Fair Ponorogo 2023. 

Baca Juga: 9 Tips Jitu Dapat Pekerjaan di Job Fair, Job Seeker Merapat!

2. Tempat menemukan titik temu antara permintaan dengan ketersediaan tenaga kerja

Kemnaker dan Pemkab Ponorogo Gelar Job Fair, Tersedia 3.000 LokerSekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Sekjen Kemnaker), Anwar Sanusi, saat membuka Job Fair Ponorogo 2023. (dok. Kemnaker)

Anwar pun mengungkapkan selama ini masih terjadi ketidaksesuaian antara kebutuhan perusahaan dan ketersediaan tenaga kerja sesuai kriteria. 

"Makanya dengan adanya Job Fair ini kita harapkan sebagai sebuah tempat untuk menemukan titik temu antara permintaan dengan ketersediaan tenaga kerja tersebut," katanya. 

Dalam rangkaian Ponorogo Job Fair 2023 juga akan dilangsungkan Launching 5.014 Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dan Senam bersama dengan 1.000 Petani dan Buruh Tembakau pada 17 November 2023. 

3. Sangat membantu dalam menekan TPT di Ponorogo

Kemnaker dan Pemkab Ponorogo Gelar Job Fair, Tersedia 3.000 LokerSekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Sekjen Kemnaker), Anwar Sanusi, saat menghadiri Job Fair Ponorogo 2023. (dok. Kemnaker)

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, mengapresiasi kolaborasi Kemnaker dan Pemkab Ponorogo dalam menggelar job fair. Hal ini, menurutnya, akan sangat membantu dalam menekan TPT di Ponorogo. 

"Nanti akan ada interview langsung, yang diterima langsung keterima. Semoga dari 3.000 lowongan semuanya diisi hari ini," ujarnya. (WEB)

Baca Juga: Kemnaker Gelar Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional 2023

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya