9 Provinsi Terluas di Indonesia, Papua hingga Kalimantan

Provinsi di Pulau Kalimantan mendominasi

Jakarta, IDN Times - Indonesia, dengan pulau yang terbentang dari barat ke timur, menyimpan kekayaan alam dan budaya yang luar biasa. Tak dipungkiri, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar nomor 1 di dunia.

Indonesia memiliki luas sekitar 1.904.569 kilometer persegi. Jumlah pulau di Indonesia mencapai 17.000 dengan 7.000 pulau berpenghuni. Seluruh pulau itu terbagi dalam 38 provinsi, di mana 10 provinsi berdiri dengan luas wilayah yang mendominasi peta. 

Menurut kamus Besar Bahasa indonesia (KBBI), provinsi adalah sebuah wilayah atau daerah yang dikepalai oleh gubernur. Provinsi mana saja yang terluas di Indonesia? Simak daftarnya!

Baca Juga: 10 Negara Kepulauan Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor 1

1. Papua

9 Provinsi Terluas di Indonesia, Papua hingga KalimantanJalan Trans Papua segera dibangun. (dok. Hutama Karya)

Papua, bagaikan permata yang tersembunyi di ujung timur Indonesia, membentang luas dengan ragam pesona alam dan budaya. Luasnya yang mencapai 319.036,05 km² atau 16,64 persen dari luas wilayah di Tanah Air, menjadikan Papua sebagai provinsi terluas di Indonesia, bahkan lebih besar dari Pulau Jawa dan Madura.

Sebelumnya pada 2022, pemerintah mengesahkan empat provinsi baru di Pulau Papua. Pembentukan empat daerah otonom baru (DOB) tersebut merupakan upaya mempercepat pemerataan pembangunan di Papua, yang tertuang dalam Undang-Undang (UU) Nomor 29 Tahun 2022 tentang pembentukan Provinsi Papua Barat Daya.

Meski terjadi pemekaran, nyatanya Provinsi Papua masih memegang peringkat provinsi terluas di Indonesia.

2. Kalimantan Tengah

9 Provinsi Terluas di Indonesia, Papua hingga KalimantanSolidaridad Indonesia

Selanjutnya, Kalimantan Tengah menjadi provinsi terluas kedua di Indonesia dengan luas mencapai 152.443,91 km persegi.

Menurut data dari BPS, populasi penduduk Kalimantan Tengah pada 2022 adalah sekitar 2.322.416 jiwa. Dengan kepadatan penduduk sekitar 18 jiwa per kilometer persegi, provinsi ini memiliki kepadatan penduduk yang lebih rendah daripada DKI Jakarta yang mencapai 16.158 jiwa per kilometer persegi.

Selain dikenal sebagai provinsi terluas, Kalimantan Tengah juga menjadi salah satu paru-paru dunia karena memiliki luas hutan mencapai 15.750.472 hektare. Hutan dan area tanaman perkebunan yang melimpah di provinsi ini didominasi oleh tanaman kelapa sawit, karet, dan kelapa koprah.

3. Kalimantan Barat

9 Provinsi Terluas di Indonesia, Papua hingga KalimantanJalan provinsi di Kalbar 80-90 persen mantap. (IDN Times/istimewa).

Provinsi Kalimantan Barat dikenal dengan julukan Provinsi Seribu Sungai karena karakteristik daratannya yang mayoritas dataran rendah dan dihiasi oleh banyak aliran sungai yang melintasinya.

Kalimantan Barat menempati urutan ketiga sebagai provinsi terluas dengan luas mencapai 147.037 km persegi. Kalimantan Barat memiliki Kabupaten Kapuas Hulu sebagai wilayah terluasnya yang mencakup area seluas 31.318,25 km persegi.

Berdasarkan data BPS, jumlah penduduk Kalimantan Barat diperkirakan sekitar 5,54 juta jiwa pada 2022, dengan kepadatan penduduk sekitar 38 jiwa per kilometer persegi.

4. Kalimantan Timur

9 Provinsi Terluas di Indonesia, Papua hingga KalimantanProyek Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim). (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Kalimantan Timur, yang menduduki peringkat sebagai provinsi terluas keempat di Indonesia dengan luas mencapai 129.066,64 km persegi, memiliki Kabupaten Kutai Timur sebagai salah satu wilayah terluasnya, mencakup sekitar 24 persen dari total luas provinsi tersebut.

Menurut data yang dipublikasikan oleh BPS tahun 2022, populasi penduduk Kalimantan Timur diperkirakan mencapai sekitar 4.015.478 jiwa. Walaupun demikian, distribusi penduduk di provinsi ini kurang merata, menyebabkan adanya ketimpangan antara kabupaten dan kota.

Selain dikenal karena luas wilayahnya, Kalimantan Timur juga terkenal karena menjadi lokasi ibu kota negara yang baru, Nusantara, yang menjadi ikon dari Konsep Infrastruktur Konektivitas Nusantara (IKN) saat ini. Tempat ini sering menjadi titik penting untuk mengabadikan momen-momen bersama dan menjadi tujuan wisata yang menarik.

5. Papua Selatan

9 Provinsi Terluas di Indonesia, Papua hingga Kalimantan(ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Selanjutnya di urutan kelima, Papua Selatan merupakan provinsi baru di ujung selatan Pulau Papua yang berasal dari pecahan Provinsi Papua yang resmi dimekarkan pada tahun 2022. Luas wilayahnya yang mencapai 127.280 km², menjadikannya provinsi terbesar kelima di Indonesia.

Menurut data BPS Provinsi Papua 2022, jumlah penduduk di Provinsi Papua Selatan pada tahun 2024 adalah 533.910 jiwa.

Kekayaan alam Papua Selatan pun tak kalah istimewa. Hasil hutan, perikanan, dan pertambangan menjadi potensi ekonomi yang menjanjikan. Dengan potensi yang besar ini, pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan sangat diperlukan.

6. Papua Pegunungan

9 Provinsi Terluas di Indonesia, Papua hingga Kalimantan(ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Selain Papua Selatan, Papua Pegunungan menjadi salah satu provinsi baru di Pulau Papua. Dengan luas wilayah 108.476 km², menempatkan Papua Pegunungan sebagai provinsi terluas urutan keenam di Indonesia.

Menurut data terbaru dari BPS Provinsi Papua, jumlah penduduk di Provinsi Papua Pegunungan pada tahun 2022 adalah 1.417.811 jiwa. Angka ini menunjukkan sedikit peningkatan dibandingkan tahun 2021, di mana jumlah penduduknya tercatat sebesar 1.397.511 jiwa.

7. Papua Barat

9 Provinsi Terluas di Indonesia, Papua hingga Kalimantan(Dok.astraagro)

Provinsi terluas di Indonesia yang ketujuh diduduki oleh Papua Barat. Dilansir Fortune Indonesia, kawasan ini memiliki luas sebesar 102.955,15 km persegi.

Menurut BPS Papua, kawasan ini memiliki nilai ekonomis dan strategis yang tinggi. Provinsi Papua Barat memiliki jumlah penduduk pada 2022 sekitar 891.225 jiwa.

Tak heran sejak dulu banyak bangsa asing yang ingin merebut dengan maksud mengeksploitasi kekayaan alamnya.

8. Sumatra Selatan

9 Provinsi Terluas di Indonesia, Papua hingga KalimantanPendampingan perhutanan sosial yang dilakukan Hutan Kita Institute di wilayah Sumatra Selatan (Dok: HAKI)

Berikutnya Provinsi Sumatra Selatan menjadi provinsi terluas ke-8 dengan luas mencapai 91.592.43 km persegi. Selain dikenal karena Jembatan Ampera yang memikat sebagai destinasi wisata, Sumatra Selatan juga terkenal dengan kota Palembang yang kental dengan pempeknya.

Menurut data yang disampaikan oleh BPS, jumlah penduduk Sumatra Selatan diperkirakan sekitar 8.662.049 jiwa pada tahun 2022. 

9. Sumatra Utara

9 Provinsi Terluas di Indonesia, Papua hingga Kalimantanilustrasi orangutan Sumatra (commons.wikimedia.org)

Sumatra Utara memiliki luas wilayah mencapai 72.460,744 km persegi, dan Kabupaten Mandailing Natal merupakan wilayah terluasnya mencapai 6.547,257 km persegi.

Berdasarkan BPS, populasi penduduk Sumatra Utara diperkirakan mencapai sekitar 15,11 juta jiwa pada tahun 2022, dengan kepadatan penduduk mencapai 208,60 jiwa per kilometer persegi.

Selain terkenal dengan Danau Toba yang menarik sebagai tujuan wisata, Sumatra Utara juga dikenal dengan kota Medan yang memiliki logat yang khas dan unik.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya