Elektabilitas Gibran Melejit, Terbanyak Dipilih Jadi Cagub Jateng

Gibran kalahkan tokoh politik senior di Jateng

Jakarta, IDN Times — Elektabilitas Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka terus melejit di Jawa Tengah menurut survei Charta Politika. Gibran menempati posisi pertama dalam survei Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Jawa Tengah.

Survei Charta Politika dilaksanakan pada 24-20 Juni 2022 dengan melibatkan 1.200 responden, yang tersebar di setiap provinsi. Tingkat kepercayaan survei ini sebesar 95 persen dengan margin of error 2,83 persen.

Baca Juga: Pilgub Jateng 2024, Pengamat: Gibran Tidur Saja Pasti Menang

1. Elektabilitas Gibran capai 38 persen

Elektabilitas Gibran Melejit, Terbanyak Dipilih Jadi Cagub JatengHobi Calon Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming (Dok. Pribadi/Gibran)

Menurut hasil survei, Gibran menempati posisi pertama dengan elektabilitas mencapai 38,8 persen.

Elektabilitas tokoh lainnya berada jauh di bawah Gibran. Di posisi kedua, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen atau Gus Yasin hanya mendapat elektabilitas 10,7 persen.

“Gibran Rakabuming Raka mendapatkan pilihan responden tertinggi sebagai Kepala Daerah Jawa Tengah. Cukup jauh di atas nama-nama lainnya,” kata Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya, Kamis (14/7/2022).

2. Sejumlah tokoh di pusaran Pilgub Jateng

Elektabilitas Gibran Melejit, Terbanyak Dipilih Jadi Cagub JatengWali Kota Semarang, Hendrar Prihadi (tengah). IDN Times/Dhana Kencana

Selain dua nama tadi, beberapa tokoh juga masuk dalam pusaran Pilgub Jateng.

Menyusul Gus Yasin, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi di posisi tiga dengan elektabilitas 7,8 persen. Kemudian ada eks Gubernur Jateng Rustriningsih di pisisi empat dengan elektabilitas 4,3 persen.

Di posisi lima, ada eks Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said dengan elektabilitas 3,9 persen, kemudian Bupati Banyumas Ahcmad Husein 3,8 persen, dan Mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo 3,6 persen.

3. Pesan PDIP untuk Gibran

Elektabilitas Gibran Melejit, Terbanyak Dipilih Jadi Cagub JatengGibran Rakabuming Raka (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Sebelumnya, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto meminta Wali Kota Solo Ganjar Rakabuming Raka, menunjukkan kemampuannya dalam memimpin apabila ingin maju di Pilgub DKI Jakarta pada 2024. 

"Ya setiap pemimpin harus menunjukkan kapasitas kepemimpinannya. Istilah populernya meninggalkan legacy, membangun kemajuan, di situlah pemimpin akan mengalami ujian-ujian termasuk Mas Gibran," ujar Hasto di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (16/6/2022).

Baca Juga: Gibran Didorong Maju Jadi Gubernur, Puan: Fokus Dulu Jabatan Sekarang

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya