Comscore Tracker

Pengamat Sorot Kans KIB Goyah Usai NasDem Dukung Anies di 2024 

Kans partai lain gabung koalisi bersama NasDem

Jakarta, IDN Times — Pengamat Komunikasi Politik Universitas Gadjah Mada (UGM), Nyarwi Ahmad, menyoroti kemungkinan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) goyah usai NasDem mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal capres 2024.

“Apakah yang dilakukan oleh NasDem tersebut mampu menggoyahkan koalisi 3 partai KIB? Itu menarik juga untuk dicermati,” ujarnya kepada IDN Times, Selasa (4/10/2022).

1. Kans partai lain gabung koalisi bersama NasDem

Pengamat Sorot Kans KIB Goyah Usai NasDem Dukung Anies di 2024 Koalisi Indonesia Bersatu setelah menandatangani nota kesepahaman di Jakarta Pusat, Sabtu (4/6/2022). (IDNTimes/Melani Putri)

Nyarwi kemudian menyinggung kemungkinan partai politik lain bergabung ke koalisi NasDem  karena telah mendeklarasikan Anies Baswedan.

“Apakah yang dilakukan oleh NasDem tersebut nantinya mampu menarik PDIP untuk bergabung dan ikut mendukung langkah NasDem? Itu juga pasti lebih menarik rasa penasaran publik,” kata Nyarwi.

Kendati demikian, masih ada kemungkinan apa yang dilakukan NasDem itu bisa memantik partai lain untuk segera mengumumkan capres pilihannya sebagai langkah balasan. PDIP, misalnya, bisa segera mendeklarasikan pilihannya pada satu tokoh menyusul NasDem.

“Atau sebaliknya, apakah apa yang dilakukan oleh Nasdem tersebut dapat memantik PDIP untuk lebih cepat memilih dan mengumumkan capres yang akan diusungnya dan membangun koalisi dengan partai lain, itu juga menjadi misteri yang ingin diketahui banyak orang,” ujar dia.

Baca Juga: NasDem Usung Anies Jadi Capres 2024, Begini Respons Wagub DKI

2. NasDem sudah solid dukung Anies

Pengamat Sorot Kans KIB Goyah Usai NasDem Dukung Anies di 2024 Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh deklarasikan Anies Baswedan sebagai Capres 2024 (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Nyarwi menilai, langkah NasDem mengusung Anies Baswedan menunjukkan bahwa partai di bawah Surya Paloh itu sudah solid dari akar rumput.

“Pendeklarasian Anies sebagai bacapres NasDem, mengindikasikan NasDem sudah mendapatkan dukungan cukup solid dari partai partai lain yang akan menjadi blok koalisi pengusung pasangan Capres-Cawapres,” ujar Nyarwi.

“Paling tidak dua partai yang sangat potensial ada dalam barisan koalisi NasDem, PKS, dan Partai Demokrat,” sambung dia.

Baca Juga: Anies Turun Jabatan 16 Oktober, Siapa Pilihan Jokowi Isi Kursi DKI?

3. NasDem beri kebebasan kepada Anies untuk cawapres

Pengamat Sorot Kans KIB Goyah Usai NasDem Dukung Anies di 2024 IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Baca Juga: Tak Lagi Jabat Gubernur DKI, Bagaimana Popularitas Anies Baswedan?

Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, telah mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sebagai capres 2024. Paloh menegaskan, partainya memberi otoritas penuh kepada Anies untuk memilih cawapresnya.

"Kalau NasDem, kita kasih otoritas kepada Pak Anies, nanti kalau gak cocok gimana, itu belum apa-apa sudah cari penyakit," ujar Paloh di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022).

Paloh menerangkan, setiap pasangan harus kompak. Sehingga, Anies dibebaskan untuk memilih cawapresnya. 

“Soliditas, kekompakan, harmoni, itu syarat utama, ketika kita yakin memilih capres kita, kita yakin juga beri kesempatan dia untuk pilih wakil yang terbaik," kata dia.

Baca Juga: Alasan Kuat PSI Ikut Umumkan Ganjar Tepat di Hari NasDem Usung Anies

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya