Sederet Nama yang Masuk Bursa Capres, Terbaru Ada Raffi Ahmad

Bursa capres 2024 dari ketum parpol hingga artis

Jakarta, IDN Times — Kontestasi perebutan kursi presiden di Indonesia saat ini mulai memanas. Kendati Pilpres 2024 masih akan berlangsung dua tahun mendatang, namun berbagai partai politik hingga organisasi masyarakat mulai pasang kuda-kuda untuk perhelatan ini.

Hal itu dibuktikan dengan munculnya berbagai nama calon presiden atau pasangan capres-cawapres untuk Pilpres 2024. Beberapa nama yang masuk bursa capres itu sudah malang melintang dalam dunia perpolitikan di Indonesia, namun belakangan ada juga nama baru.

Baca Juga: Kader Ingin PDIP Segera Kampanyekan Puan Jadi Capres 2024

1. Deretan nama capres 2024, dari Prabowo sampai Raffi Ahmad

Sederet Nama yang Masuk Bursa Capres, Terbaru Ada Raffi AhmadIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Nama-nama capres yang masuk saat ini kebanyakan merupakan pejabat publik yang memiliki kursi, baik di tingkat nasional maupun daerah.

Beberapa nama besar yang masuk dalam bursa capres di antaranya Menko Perekonomian sekaligus Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Menteri Pertahanan sekaligus Ketum Gerindra Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah sekaligus kader PDIP Ganjar Pranowo, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Selain itu, ada Ketua DPR Puan Maharani, Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono juga masuk dalam bursa capres 2024.

Terbaru, nama artis Raffi Ahmad juga diisukan untuk maju dalam Pilpres 2024. Kabar itu bermula dari Ketua DPP PKS Zulkieflimansyah yang menyebut Raffi Ahmad cocok sebagai capres 2024. Namun hingga saat ini, PKS belum menyatakan akan mengusung siapa dalam Pilpres 2024.

2. Raffi Ahmad disebut hanya gimmick dalam bursa capres 2024

Sederet Nama yang Masuk Bursa Capres, Terbaru Ada Raffi AhmadRaffi Ahmad dan Gading Marten di acara peresmian IBL 2022. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Sekjen Partai Keadilan Sejahtera Habib Aboe Bakar Alhabsy mengatakan, masuknya nama Raffi Ahmad dalam bursa capres 2024 hanya gimmick politik. PKS sendiri mengaku belum memberikan pernyataan resmi pengusungan capres-cawapres.

“Kalau kepemimpinan untuk calon presiden siapa pun yang bicara masih belum dianggap resmi kalau bukan dari majelis syuro, itu saja. Jadi mau gimmick-gimmick gimana, itu biasa-biasa saja namanya dia dicalonkan," ujar Aboe di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (29/7/2022).

Aboe Bakar mengatakan, keputusan calon presiden yang diusung oleh PKS hanya berasal dari pernyataan Majelis Syuro PKS. Selain itu, nama yang diusung kader PKS, belum resmi.

"Yang resmi dari PKS itu kalau ada Majelis Syuro dan diputuskan hasil keputusan resminya itu nanti. InsyaAllah Juni maksud saya, kita ada Majelis Syuro mengevaluasi, Desember juga ada evaluasi lagi," ujar dia.

3. Kuda pacu Pilpres 2024: Prabowo, Ganjar, Anies

Sederet Nama yang Masuk Bursa Capres, Terbaru Ada Raffi AhmadGanjar Pranowo, Anies Baswedan, Ridwan Kamil. (instagram.com/ganjar_pranowo)

Pengamat politik dari Exposit Strategic, Arif Susanto ,menilai sejumlah nama bakal menjadi “kuda pacu” dalam Pilpres 2024. Menurutnya, sejumlah tokoh berpeluang besar menjadi capres yakni Ketum Gerindra Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Kuda pacunya tidak akan jauh dari situ, saya terus terang ragu memasukkan nama keempat,” ujar Arif kepada IDN Times.

Tiga nama tersebut dinilai memiliki popularitas yang cukup dikenal warga Indonesia. Terutama untuk Prabowo Subianto yang sudah beberapa kali bertarung dalam Pilpres 2024.

“Kalau Prabowo, popularitasnya sudah mentok. Dalam artian gini, siapa yang tidak tahu Prabowo di Indonesia? Kalau untuk Anies dan Ganjar, masih ada ruang untuk meningkatkan popularitas itu,” tuturnya.

Baca Juga: Anies Diteriaki Capres 2024 Saat Hadiri Milad ke-20 PKS

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya