Kader Ingin PDIP Segera Kampanyekan Puan Jadi Capres 2024

Puan dinilai banyak menorehkan prestasi

Jakarta, IDN Times - Meski selalu berada di urutan bawah calon presiden dengan elektabilitas rendah dalam setiap survei, namun nama Puan Maharani terus digadang-gadang untuk diusung menjadi calon presiden 2024.

Salah satu kelompok yang mendukung Puan diusung menjadi capres adalah kader PDI Perjuangan di Bojonegoro.

Ketua DPC Bojonegoro Abidin Fikri mengatakan, geliat kader PDI Perjuangan untuk mengusung Ketua DPR RI tersebut sebagai calon presiden (capres) terus menguat.

"Saya rutin diskusi langsung dengan kader dan pengurus di bawah. Dorongan dari mereka umumnya adalah kapan kita bisa secara resmi mengampanyekan Mbak Puan sebagai capres," kata Abidin Fikri seperti dilansir ANTARA, Sabtu (28/5/2022).

Baca Juga: Gema Puan Blitar Deklarasikan Puan Maharani Maju Pilpres 2024 

1. Pencalonan Puan tidak bisa dicegah tapi tetap tergantung Megawati

Kader Ingin PDIP Segera Kampanyekan Puan Jadi Capres 2024Ketua Umum PDIP Megawati (Dok. PDIP)

Menurut Abidin, dinamika pencalonan Puan tidak bisa dicegah. Karena dukungan untuk itu datang mulai dari pengurus anak ranting, pengurus ranting hingga pengurus anak cabang (PAC). Bahkan wacana ini, lanjut Abidin, menguatkan soliditas partai di tingkat bawah dan menjadi kebanggaan untuk bisa mengusung kader potensial.

Namun, kewenangan untuk memutuskan calon berada di tangan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, selain juga aspirasi kader di bawah yang berupaya membangun soliditas dan kebanggaan partai tetap seirama.

"Alasan kader yang menyuarakan Mbak Puan capres juga didasari kesadaran bagaimana strategi partai dalam jangka panjang. Mereka punya kesadaran tentang pentingnya kepemimpinan itu dituntun dengan ideologi partai, sehingga melihat Mbak Puan sosok yang tepat untuk diusung," jelas Anggota DPR itu.

2. Puan dinilai banyak menorehkan prestasi

Kader Ingin PDIP Segera Kampanyekan Puan Jadi Capres 2024Ketua DPR Puan Maharani (dok. Pribadi/Puan Maharani)

Dengan adanya dinamika dan menguatnya geliat dukungan tersebut, ujar Abidin, tentu menjadi hal positif karena kader di bawah punya ruang untuk berdiskusi soal kapasitas dan rekam jejak kinerja Puan Maharani.

"Ini penting agar pengetahuan di masyarakat tentang Mbak Puan semakin luas, karena secara kerja-kerja politik dan juga kerja sebagai pejabat publik Mbak Puan sebenarnya banyak menorehkan prestasi. Ini yang PDI Perjuangan melalui kader-kadernya bisa secara masif menyosialisasikan," ujar Ketua PP Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) itu.

3. Dinilai punya rekam jejak yang layak untuk diusung di Pilpres 2024

Kader Ingin PDIP Segera Kampanyekan Puan Jadi Capres 2024Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani ketika melakukan vaksinasi massal di Surabaya (ANTARA FOTO/PDIP Jatim)

Puan dinilai memiliki rekam jejak kinerja dan kepemimpinan yang membuatnya layak untuk diusung di Pilpres 2024.

Beberapa jejaknya antara lain yakni menjadi anggota DPR sejak 2009 dan bahkan juga pernah menduduki jabatan eksekutif sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK).

Baca Juga: Pesan Mendalam Mega ke Kader PDIP: Jangan Cepat Puas pada Hasil Survei

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya