Comscore Tracker

36 Rumah di Banyuwangi Rusak Diterpa Angin Kencang 

Warga diimbau waspada

Banyuwangi, IDN Times - Hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan 36 rumah di Desa Wringinagung, Kecamatan Gambiran, Kabupaten Banyuwangi rusak pada bagian atap. Selain terkena angin kencang, atap rumah rusak akibat tertimpa pohon yang tumbang, Minggu (19/9/2021).

1. Kerugian mencapai Rp104 juta

36 Rumah di Banyuwangi Rusak Diterpa Angin Kencang Hujan angin rusak rumah warga di Banyuwangi. IDN Times/Istimewa

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Babinsa, BPBD Banyuwangi dan masyarakat telah gotong royong melakukan pembersihan material dan perbaikan memasang genteng rumah milik warga yang rusak hingga sore hari.

"Kerugian akibat kejadian tersebut yakni personil nihil, sebanyak 36 rumah terdampak angin kencang dengan kerugian sekitar Rp104.000.000," ujar Babinsa Wringinagung Serda Lukman, Minggu (19/9/2021).

Baca Juga: Di Banyuwangi, Sandiaga Uno Ngopi Bayar Pakai Sampah

2. Cuaca buruk sepekan terakhir

36 Rumah di Banyuwangi Rusak Diterpa Angin Kencang Ilustrasi hujan (IDN Times/Arief Rahmat)

Lukman mengatakan, sejak sepekan terakhir, cuaca di kawasan Banyuwangi, khususnya di wilayah Gambiran memang sedang tidak menentu. Hujan disertai angin sering terjadi.

"Dalam satu Minggu terahir ini cuaca tidak menentu hujan datang di pagi hari, sore hari dan kadang kala di malam hari sekitar pukul 03.30 WIB terjadi hujan deras intensitas tinggi disertai angin kencang di wilayah Kecamatan Gambarian," kata katanya.

3. Langkah antisipasi

36 Rumah di Banyuwangi Rusak Diterpa Angin Kencang Ilustrasi Suasana Hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Sementara itu, Dandim 0825 Banyuwangi, Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, mengimbau kepada masyarakat untuk memangkas pepohonan di sekitar rumah untuk mencegah kejadian serupa.

"Dan hindari saat hujan badai. Pemangkasan pohon-pohon yang mumpunyai dahan dan ranting lebat. Pantau keadaan cuaca hari itu, bila ada potensi angin kencang, upayakan untuk meninggalkan lokasi tersebut.

Selain di kawasan pemukiman warga, angin kencang juga membuat sejumlah pohon tumbang di jalan raya. Sebuah mini bus di jalan raya Gumitir juga tertimpa pohon. Akibatnya, kawasan yang menghubungkan Kabupaten Banyuwangi dan Jember tersebut sempat macet total.

"Waspada di jalan raya dengan pohon yang lebat terutama di musim hujan dan angin kencang. Waspada saat parkir di bawah pohon di musim hujan dan angin kencang,” ujarnya

Baca Juga: Erick Thohir: Jagoan Tani Banyuwangi Gelombang Kedua Industri Digital

Mohamad Ulil Albab Photo Verified Writer Mohamad Ulil Albab

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya