Airlangga: Koalisi Pemerintah Tetap Solid Jelang Pemilu 2024

Tiga parpol pendukung pemerintah sudah koalisi untuk 2024

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, memastikan koalisi pemerintah tak renggang menjelang Pemilu 2024.  

"Pemerintah sangat solid karena 82 persen koalisi mendukung Bapak Presiden Joko Widodo, tidak ada perubahan efektivitas, pemerintahan berjalan sangat efektif," ujar Airlangga di rumah dinasnya di Jalan Widia Chandra, Jakarta, Minggu (15/5/2022).

Ketua Umum Partai Golkar ini mengatakan semua program kerja pemerintahan saat ini bisa diakselerasi oleh partai kolaisi. Airlangga menyebut hal itu juga menjadi pembuktian kalau koalisi masih tetap erat hingga kini.

"Terbukti dari 82 persen semua program bisa diakselerasi dan dibuktikan dengan reaksi dan penanganan pemulihan ekonomi yang berjalan baik," katanya.

Baca Juga: Golkar, PAN dan PPP Siap Bangun Koalisi 'Bertiga Bersatu' Jelang 2024

1. Golkar, PPP dan PAN sudah bentuk partai koalisi

Airlangga: Koalisi Pemerintah Tetap Solid Jelang Pemilu 2024Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto bertemu dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PPP Soeharso Monoarfa di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (12/5/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Tiga partai pendukung pemerintah, Golkar PAN dan PPP saat ini sudah menyatakan diri untuk berkoalisi dalam Pemilu 2024.

Airlangga menyebut koalisi ketiga partai itu dinamakan "Bertiga Bersatu". Dia mengatakan slogan itu merupakan lambang dari persatuan ketiga parpol tersebut.

“Namanya Bertiga Bersatu. Bersatunya adalah Beringin, Matahari, dan Ka'bah,” tuturnya.

Namun, belakangan namanya berubah menjadi "Koalisi Indonesia Bersatu".

Baca Juga: Golkar, PPP dan PAN Siap Koalisi, Airlangga: Beringin Makin Subur

2. PAN akui nyaman dengan Golkar dan PPP

Airlangga: Koalisi Pemerintah Tetap Solid Jelang Pemilu 2024Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto bertemu dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (12/5/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, mengaku nyaman dengan pertemuan antara Golkar dan PPP. Zulkifli berharap koalisi tiga parpol ini bisa membuat tenang Indonesia.

“Nyaman untuk Indonesia 2024,” tutur Zulkifli.

3. Masih atur strategi, belum ada nama capres

Airlangga: Koalisi Pemerintah Tetap Solid Jelang Pemilu 2024Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto bertemu dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PPP Soeharso Monoarfa di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (12/5/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Airlangga mengaku akan melakukan pertemuan selanjutnya dengan Ketua Umum PAN dan PPP. Masing-masing partai disebut mempersiapkan strategi untuk maju Pilpres 2024.

“Kerja sama tiga partai ini di tingkat nasional, provinsi, kabupaten, kota. Kita mulai menyamakan program,” tutur dia.

Namun Airlangga, Suharso, dan Zulkifli belum buka suara terkait calon presiden atau capres yang bakal diusung ketiga parpol dalam Pemilu 2024.

Baca Juga: Gerindra Bicara Nama Pendamping Prabowo di Pilpres, Dua Orang Inikah?

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya