Akui Tak Mudah Kembalikan Kepercayaan Publik, Suara Suhartoyo Bergetar

Suhartoyo bertekad mengembalikan kepercayaan rakyat

Jakarta, IDN Times - Suhartoyo resmi menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) setelah membacakan sumpah jabatan. Dia bertekad akan mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap MK.

"Kami pun memahami bahwa ada ekspektasi dan harapan tinggi yang dibebankan di pundak saya sebagai ketua Mahkamah Konstitusi yang baru, untuk mengembalikan dan meningkatkan kepercayaan publik terhadap mahkamah, bersama dengan Yang Mulia Wakil Ketua yang mulia Profesor Saldi Isra dan Bapak, Ibu Hakim Konstitusi lainnya," ujar Suhartoyo di ruang sidang pleno gedung MK, Jakarta, Senin (13/11/2023).

Meski demikian, Suhartoyo mengaku tak mudah mengembalikan kepercayaan publik terhadap MK. Suara dia pun bergetar ketika menyatakan akan berupaya dengan maksimal agar rakyat kembali percaya terhadap MK.

"kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk memulihkan kepercayaan, meskipun kami menyadari hal tersebut tidak mudah dilakukan seperti membalik telapak tangan," ucap Suhartoyo.

Tarikan napas panjang dan usapan jari tangan ke pelipis mata yang dilakukan Suhartoyo membuat ruang sidang pleno mendadak hening. Wakil Ketua MK, Saldi Isra menengok ke arah Suhartoyo.

Suhartoyo kemudian melanjutkan pidatonya dengan sedikit terisak.

"Kmi berharap kepada semua agar bersama-sama menjaga kemandirian Mahkamah Konstitusi, termasuk untuk tidak mempengaruhi dan mengintervensi independensi hakim konstitusi dan Mahkamah Konstitusi, sehingga penegakan keadilan konstitusional dapat terwujud sesuai dengan harapan kita bersama," imbuhnya.

Baca Juga: Suhartoyo Ucapkan Sumpah Sebagai Ketua MK, Anwar Usman Tak Hadir

Baca Juga: Usai Disumpah Jadi Ketua, Suhartoyo: MK Telah Lewati Fase Krisis

Baca Juga: Suhartoyo Dilantik Jadi Ketua MK Hari Ini, Gantikan Anwar Usman

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya