Erick Dinilai Lebih Potensial dari Airlangga Jadi Bacawapres Prabowo

Elektabilitas Erick dinilai lebih baik

Jakarta, IDN Times - Bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto, hingga kini belum mengumumkan nama bacawapres yang akan mendampinginya di Pilpres 2024. Sejumlah nama seperti Airlangga Hartarto, Erick Thohir hingga Khofifah Indar Parawansa masuk dalam radar pendamping Prabowo.

Direktur Eksekutif Politika Research & Consulting (PRC), Rio Prayogo, menilai Erick Thohir berpeluang lebih besar dari Khohifah dan Airlangga untuk menjadi bacawapres Prabowo.

“Berdasarkan survei teranyar lembaga kami, Prabowo lebih menjanjikan bersama Erick Thohir, bukan bersama Khofifah apalagi Airlangga,” kata Rio kepada wartawan, Kamis (5/10/2023).

Baca Juga: Prabowo: Yang Penting Asal Jangan Prabowo Bohong dan Berkhianat

1. Prabowo bila berpasangan dengan Erick unggul

Erick Dinilai Lebih Potensial dari Airlangga Jadi Bacawapres PrabowoErick Thohir dan Prabowo Subianto (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/M Risyal Hidayat)

PRC melakukan survei di 38 provinsi pada 7-12 September 2023 dengan melibatkan 1.200 responden. Margin of error dalam survei itu sekitar 2,7 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Dalam survei tersebut, Prabowo unggul apabila berpasangan dengan Erick.

Berikut hasilnya:
- Prabowo Subianto-Erick Thohir: 38,8 persen
- Ganjar Pranowo-Sandiaga Uno: 31,9 persen
- Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: 16,5 persen

Baca Juga: Laskar Prabowo 08 Deklarasi Dukung Prabowo Capres 2024

2. Erick dinilai miliki modal sosial politik lebih baik

Erick Dinilai Lebih Potensial dari Airlangga Jadi Bacawapres PrabowoKetua Umum PSSI, Erick Thohir (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Secara terpisah, Direktur Eksekutif Survei and Polling Indonesia (SPIN), Igor Dirgantara, menilai Erick Thohir memiliki modal sosial politik lebih baik. Erick juga dianggap bisa menggaet suara dari luar Pulau Jawa.

"Dalam sukses pemenangan, di samping ET (Erick Tohir) secara teritorial pasti bisa memperkuat kemenangan di luar Jawa. Sementara itu, ET bisa diterima di semua pihak dan strata sosial masyarakat," ucap Igor.

3. Sosok bacawapres harus paham ekonomi

Erick Dinilai Lebih Potensial dari Airlangga Jadi Bacawapres Prabowoilustrasi ekonomi (IDN Times)

Igor mengatakan, bacawapres yang ideal di periode 2024-2029 adalah yang paham urusan ekonomi. Oleh karena itu, dia menilai Erick Thohir merupakan sosok yang pas berduet dengan Prabowo.

"Ini penting mengingat, calon wakil presiden yang mendampingi capres Prabowo idealnya adalah sosok yang paham masalah-masalah ekonomi secara komprehensif. Ini untuk meletakkan fondasi Indonesia 2045 sebagai negara maju," katanya.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya