Ganjar Ingin Nasionalisasi Program Kerja di Jawa Tengah

Ganjar mantan Gubernur Jawa Tengah

Jakarta, IDN Times - Bakal calon presiden (Bacapres) dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo, ingin menasionalisasi program kerjanya yang dianggap berhasil ketika menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah. Ganjar mengatakan, salah satu yang ingin dinasionalisasi adalah program pengelolaan zakat.

“Saya mendapatkan banyak masukan sekali tentang pengelolaan zakat. Saya kira beberapa pengalaman yang bagus akan kita nasionalkan dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) pusat juga mendukung,” ujar Ganjar dalam acara workshop DPRD Fraksi PPP se-Indonesia di Jakarta, Jumat (20/10/2023).

Baca Juga: Projo-Ganjar Deklarasikan Dukungan, Nilai Ganjar Pantas Jadi Pemimpin

1. Ganjar sebut pengumpulan zakat di Jateng terus meningkat

Ganjar Ingin Nasionalisasi Program Kerja di Jawa TengahGanjar Pranowo hadir dalam acara workshop DPRD Fraksi PPP se-Indonesia di Jakarta, Jumat (20/10/2023) (IDN Times/Istimewa)

Dalam kesempatan itu, Ganjar menyampaikan dana zakat yang terkumpul setiap tahunnya sejak menjabat Gubernur Jawa Tengah tahun 2014 terus meningkat. Pada 2022, Baznas Jawa Tengah mengumpulkan dana sebesar Rp82 miliar.

Dana tersebut juga disalurkan kepada masyarakat yang masuk dalam kategori 8 asnaf, yaitu fakir, miskin, amil, muallaf, riqab, gharimin, fisabilillah, dan ibnu sabil.

“Kami sampai dengan hari ini masih berkomunikasi dengan Baznas Pusat sehingga akan kita nasionalkan beberapa pengalaman yang pernah kami lakukan di Jawa Tengah,” ucap dia.

Baca Juga: Diisukan Jadi Cawapres Prabowo, Gibran Ditunjuk PDIP Jadi Jurkam Ganjar

2. Ganjar juga ingin maksimalkan potensi wakaf

Ganjar Ingin Nasionalisasi Program Kerja di Jawa TengahGanjar Pranowo hadir dalam acara workshop DPRD Fraksi PPP se-Indonesia di Jakarta, Jumat (20/10/2023) (IDN Times/Istimewa)

Selain itu, Ganjar juga mengaku ingin memaksimalkan dana wakaf. Sebab, potensinya bisa mencapai ratusan triliun rupiah.

“Satu yang perlu mesti kita dorong adalah wakaf. Kalau wakaf itu bisa kelola dengan baik, insyallah akan banyak kemanfaatan yang akan kita berikan,” kata dia.

Baca Juga: Golkar Gelar Rapimnas Hari Ini, Bakal Umumkan Capres-Cawapres 2024

3. Ganjar-Mahfud ingin bangun Indonesia dengan gerak cepat

Ganjar Ingin Nasionalisasi Program Kerja di Jawa TengahGanjar Pranowo dan Mahfud MD usai mendaftar sebagai capres-cawapres Pemilu 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat pada Kamis (19/10/2023). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Lebih lanjut, Ganjar berjanji bersama Mahfud MD akan membangun Indonesia dengan gerak cepat agar pemerataan pembangunan dapat segera tercapat.

"Kita mencoba bersama Pak Mahfud yang sudah kemarin didaftarkan ke KPU, untuk mencoba mencermati bagaimana menuju Indonesia yang gerak unggul dan gerak cepat," ucap dia.

 


Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Anies-Cak Imin Kompak Kenakan Kemeja Putih saat Tes Kesehatan di RSPAD

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya