Ini Menu Welcoming Dinner yang Disajikan untuk Kepala Negara di G20

Menunya kental dengan aroma Indonesia

Jakarta, IDN Times - Para kepala negara yang hadir di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali, mendapat jamuan makan malam. Jamuan makan malam diselenggarakan di Garuda Wisnu Kencana (GWK), Badung, Bali, Selasa (15/11/2022).

Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Ibu Negara Iriana menyambut langsung satu persatu kepala negara yang hadir di acara welcoming dinner. Berikut menu jamuan makan malam yang bisa dipilih oleh kepala negara.

- Appetizer
mango, seaweed, jicama and pomelo salad in Balinese rujak dressing, scallop, soft shell crab with Manadonese crab meatcorn fritter.

- Main course
Lampung tenderloin wagyu beef in West Sumatran rendang sauce, cassava and potato mousseline, steamed cod, baby carrot with Likupangnese salsa, asparagus in Balinese turmeric dressing and balado eggplant puree

- Dessert Nusantara Delight
Aceh chocolate mousse, rice tuille, mango gel, black glutinous rice with grated coconut and mango coulis

Sejumlah mantan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia juga diundang dalam welcoming dinner itu. Dari foto yang diperoleh IDN Times, tampak Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri, dan Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono, duduk satu meja.

Keduanya duduk berhadapan. Megawati dan SBY sama-sama menggunakan baju warna biru.

Sementara itu, di samping kiri SBY, juga ada Wakil Presiden keenam, Tri Sutrisno. Sedangkan di samping kanan SBY, ada Wakil Presiden ke-10 dan 12 Jusuf Kalla.

Kemudian, dalam meja tersebut juga ada Wakil Presiden kesembilan, Hamzah Haz, yang mengenakan batik berwarna merah. Tak hanya itu, Ketua DPR RI, Puan Maharani, juga bergabung dalam meja tersebut. Total, ada sembilan orang dalam meja yang tergabung antara Megawati dan SBY itu.

Dalam acara jamuan makan malam itu, Presiden Jokowi berterima kasih kepada para kepala negara yang sudah hadir. Dia berharap, makanan yang tersedia tidak terlalu pedas.

"Selamat menikmati makanan Anda. Semoga makanannya tidak terlalu pedas," kata Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Pakai Baju Adat Bali di Welcoming Dinner KTT G20

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya