Istana Bantah Klaim Fachrul Razi Dicopot gegara Pembubaran FPI

Istana heran isu tersebut baru diangkat saat ini

Jakarta, IDN Times - Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana membantah klaim mantan Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi yang mengaku kena reshuffle akibat menolak pembubaran Front Pembela Islam (FPI). Ari mengatakan Presiden Joko "Jokowi" Widodo dalam mengangkat dan memberhentikan menterinya penuh dengan pertimbangan.

"Dalam hal pengangkatan dan pemberhentian Menteri, Presiden pasti mempertimbangkan banyak hal, untuk yang terbaik bagi kepentingan rakyat, bangsa dan negara," ujar Ari dalam keterangannya, dikutip Rabu (6/12/2023).

Baca Juga: 1 Tahun Jokowi-Ma'ruf, Ini 7 Aksi Kontroversial Menag Fachrul Razi

1. Keputusan pembubaran FPI tertuang dalam SKB enam menteri

Istana Bantah Klaim Fachrul Razi Dicopot gegara Pembubaran FPIKoordinator Staf Khusus Presiden Jokowi, AA.GN Ari Dwipayana. (IDNTimes/Ni Ketut Sudiani)

Ari menerangkan, Keputusan pembubaran FPI tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB), yang ditandatangani enam Menteri/Kepala Lembaga di bawah koordinasi Menko Polhukam, yakni Mendagri, Menkumham, Menkominfo, Jaksa Agung, Kapolri, dan Kepala BNPT.

"SKB 6 kementerian/lembaga itu disampaikan pemerintah setelah rapat bersama yang dilakukan di Kantor Kemenkopolhukam pada tanggal 30 Desember 2020. Jejak digitalnya bisa dicheck lagi," ucap dia.

Baca Juga: Sederet Harta Kekayaan Mantan Menag Fachrul Razi

2. Tak paham maksud Fachrul Razi

Istana Bantah Klaim Fachrul Razi Dicopot gegara Pembubaran FPIKoordinator Staf Khusus Presiden Jokowi, AA.GN Ari Dwipayana. (IDNTimes/Ni Ketut Sudiani)

Dalam kesempatan itu, Ari mengaku tak paham maksud pernyataan Fachrul Razi yang mengaku kena reshuffle akibat menolak pembubaran FPI dan baru mengangkat isu tersebut saat ini.

"Saya tidak tahu apa yang melatarbelakangi mengapa isu pergantian Bapak Fachrur Razi sebagai Menteri Agama dan isu/kasus yang lain, baru diangkat saat ini, di tengah proses kontestasi politik dalam pemilu. Dalam istilah Bapak Presiden: untuk apa diramaikan? Dan untuk kepentingan apa itu diramaikan?" kata dia.

3. Fachrul Razi digantikan Yaqut Cholil Qoumas

Istana Bantah Klaim Fachrul Razi Dicopot gegara Pembubaran FPIMenteri Agama Fachrul Razi

Fachrul Razi digantikan oleh Yaqut Cholil Qoumas setelah menjabat sebagai Menteri Agama sejak Oktober 2019 hingga Desember 2020.

Presiden Jokowi kemudian melantik Yaqut Cholil pada 23 Desember 2020 di Istana Negara, Jakarta.

Baca Juga: Menag Fachrul Razi: Saya Mendorong FPI Diberi Izin Lagi

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya