Jokowi Bawa Segudang Agenda saat Kunjungi China

Jokowi akan bertemu dengan Presiden Xi Jinping dan pengusaha

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo terbang ke China untuk melakukan kunjungan kenegaraan, melalui Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (27/7/2023). Kunjungan itu, dijelaskan Jokowi, demi memperingati 10 tahun kemitraan strategis dan komprehensif antara Indonesia dengan China.

"Pagi hari ini, saya bersama dengan Ibu Negara serta delegasi terbatas akan melakukan kunjungan kerja ke Chengdu, di RRT (Republik Rakyat Tiongkok). Kunjungan saya ke Chengdu untuk memenuhi undangan Presiden Xi Jinping," ujar Jokowi.

Baca Juga: ASEAN-China Sepakati Panduan Percepatan Negosiasi Laut China Selatan

1. China mitra dagang terbesar Indonesia

Jokowi Bawa Segudang Agenda saat Kunjungi ChinaPresiden Jokowi saat berbincang santai sambil menyantap bakso dengan tim IDN Times di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (25/11/2022). (IDN Times/Aditya Mustaqim)

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyatakan China merupakan mitra dagang terbesar Indonesia. Jokowi mengaku membawa sejumlah agenda pembahasan dalam pertemuan dengan Xi Jinping dan para pengusaha China.

"Di Chengdu, saya akan melakukan pertemuan dengan Presiden Xi Jinping dan sejumlah agenda prioritas akan dibahas bersama-sama, baik di bidang investasi maupun proyek strategis Indonesia dan RRT, juga perdagangan serta kesehatan, hingga isu-isu regional dan global," ujar dia.

Baca Juga: Rivalitas China-AS, Uni Lubis: China Lebih Serius Dekati Indonesia

2. Jumpa pengusaha China, bahas juga mobil listrik

Jokowi Bawa Segudang Agenda saat Kunjungi ChinaPresiden Joko (Jokowi) Widodo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga bertemu dengan para pengusaha China. Dalam pertemuan itu, salah satu pembahasannya mengenai hilirisasi industri.

"Saya juga akan bertemu dengan beberapa CEO, pimpinan perusahaan China yang telah dan akan melakukan investasi di Indonesia, khususnya industri, energi baru terbarukan, serta kesehatan," kata dia.

Jokowi juga berencana membahas mengenai industri mobil listrik bersama para pengusaha China.

"Ya nanti dalam pertemuan CEO, memang yang berkaitan dengan mobil listrik akan kita bicarakan. Dan biasanya untuk Laut China Selatan, setiap bertemu dengan Presiden Xi, selalu saya singgung," ujarnya.

3. Ada agenda lain

Jokowi Bawa Segudang Agenda saat Kunjungi ChinaPresiden Jokowi berangkat ke Jepang untuk hadiri KTT G7 di Hiroshima melalui Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (19/5/2023) (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Kunjungan Jokowi tak cuma sebatas masalah hubungan bilateral dan bisnis, tapi ada agenda lain. Dia akan hadir dalam pembukaan World University Games karena kontingen Indonesia juga berlaga di event tersebut.

"Saya juga akan menghadiri pembukaan World University Games, untuk menyemangati kontingen kita yang berlaga di sana," ujar Jokowi.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya