Jokowi ke TNI: Bantu Kedaulatan Pangan dan Kendalikan Inflasi

TNI merayakan HUT ke-77

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta kepada seluruh prajurit TNI untuk ikut membantu menjaga kedaulatan pangan hingga mengendalikan inflasi. Hal itu Jokowi sampaikan saat di upacara peringatan HUT ke-77 TNI di Istana Merdeka, Jakarta.

"Bantu kemandirian pangan, pengendalian inflasi jaga pertahanan dan keamanan, agar masyarakat bisa berkarya optimal dalam menghadapi berbagai macam tantangan-tantangan yang ada," ujar Jokowi, Rabu (5/10/2022).

Dalam kesempatan itu, Jokowi meminta TNI untuk meningkatkan profesionalitas. Menurutnya, pembangunan kekuatan TNI harus selaras dengan pembangunan nasional.

"Pemerintah, masyarakat, bangsa dan negara menaruh harapan besar terhadap kontribusi TNI. Teruslah memegang teguh jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional," kata dia.

"Jadilah garda terdepan dalam menghadapi setiap ancaman, setiap tantangan, setiap hambatan dan gangguan. Bersikap dan bertindaklah secara profesional sesuai pancasila dan UUD 1945, sapta marga dan sumpah prajurit," sambungnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meminta kepada TNI dan Polri untuk terus bersinergi dengan baik. TNI dan Polri juga diminta untuk menyukseskan agenda Presidensi G20, pada November 2022 di Bali.

"Indonesia juga dipercaya sebagai anggota Champion Group Global Crisis Respond (cek) dan tahun depan Indonesia akan menjadi ketua ASEAN," ujar dia.

"Kita harus mampu menunjukkan kepada dunia, bahwa kepimpinan Indonesia di G20 bisa menghasilkan aksi dan solusi yang konkret, agar krisis dunia tidak berlanjut dan membangun dunia yang lebih mampu menghadapi tantangan-tantangan ke depan," imbuhnya.

Baca Juga: Peringatan HUT ke-77 TNI Dimulai, Jokowi Jadi Inspektur Upacara

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya